Wajib Tahu! Apa Untung Ruginya Garansi Bebas Pengembalian dari Shopee Bagi Penjual?

- 6 Maret 2024, 09:23 WIB
Ilustrasi e-commerce atau belanja online.
Ilustrasi e-commerce atau belanja online. /Freepik/

PATRIOT BEKASI - Shopee baru saja meluncurkan program baru bagi para penggunanya, yaitu Garansi Bebas Pengembalian. Ini merupakan inovasi Shopee yang memungkinkan pembeli untuk mengembalikan barang ke penjual dengan alasan berubah pikiran. Program ini berlaku untuk produk-produk yang memiliki label "Bebas Pengembalian" di platform Shopee. Dengan adanya program ini, konsumen dapat melakukan pengembalian produk dengan mudah jika ingin mengubah keputusan pembelian mereka, dengan catatan harus mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika Shopee Garansi Bebas Pengembalian ini meningkatkan kenyamanan dan kepuasan para pembeli, lantas bagaimana dengan para penjual?

Kehadiran program Garansi Bebas Pengembalian menuai beragam pro kontra dari para penjual di Shopee. Ada penjual yang antusias dengan program terbaru Shopee ini, tetapi ada juga yang merasa cemas jika justru jadi merugi. Pro kontra terkait kehadiran Garansi Bebas Pengembalian itu terlihat dari komentar para penjual di media sosial.

Ada penjual yang menyambut hangat program Shopee Garansi Bebas Pengembalian ini karena bisa meningkatkan peluang penjual untuk menarik hati lebih banyak pembeli, sehingga akan semakin banyak pembeli yang mengunjungi dan berbelanja di toko mereka. Banyak penjual yang juga tertarik dengan program terbaru Garansi Bebas Pengembalian di Shopee ini karena bisa meningkatkan kepercayaan pembeli. Hal ini juga dinilai bisa menumbuhkan potensi pembelian berulang di toko penjual. Para penjual tersebut memberikan respons positif terhadap fitur terbaru Garansi Bebas Pengembalian yang hadir di Shopee.

Penjual dengan akun @j*******n mendukung kehadiran Garansi Bebas Pengembalian di Shopee karena dinilai bisa meningkatkan kepuasan pembeli, “Saya mendukung kebijakan baru ini karena memang sudah seharusnya diterapkan untuk kepuasan pembeli.” Penjual lainnya turut menyampaikan pendapat serupa bahwa program terbaru Shopee ini bisa meningkatkan loyalitas pembeli. “Saya menilai bahwa fitur ini baik untuk menjaga loyalitas user terhadap shopee, dan saya tidak khawatir selama SOP berjalan sesuai dengan standard dan tidak merugikan seller,” pungkas @c***********s.

Ada juga penjual yang menilai program Garansi Bebas Pengembalian bisa menjadi tantangan untuknya agar bisa meningkatkan kenyamanan kepada pembeli ketika berbelanja di tokonya, misalnya dengan menampilkan foto produk yang benar-benar sesuai dengan aslinya. Dengan begini, maka bisa meningkatkan kepuasan dan kepercayaan para pembeli. "Terkait program bebas pengembalian, saya merasa bahwa program ini pun baik, menjadi tantangan juga kepada saya untuk menampilkan foto produk yang sesuai dengan produk aslinya agar buyer tidak request pengembalian," komentar s******************p.

Di sisi lain, ada juga para penjual yang merasa cemas jika program Garansi Bebas Pengembalian bukannya bikin untung malah buntung. Para penjual tersebut mengkhawatirkan adanya biaya tambahan yang ditarifkan kepada penjual untuk pengembalian barang/dana dengan alasan “Berubah Pikiran” dalam program Shopee Garansi Bebas Pengembalian. Ada juga yang waswas jika terjadi kecurangan dari pembeli yang menyebabkan kerugian terhadap penjual.

Seperti akun @h******o yang mengungkapkan keresahannya tentang biaya ongkir pengembalian barang/dana dari pembeli dengan alasan “Berubah Pikiran”, yang diduga akan dibebankan kepada penjual, “Barang sudah sesuai kami kirim, pembeli ajukan pengembalian tanpa alasan jelas, diterima begitu saja oleh shopee, ongkir pengembalian masa ditanggung seller,, buset rugi banget aseli kacauuu!!!” ujarnya. Akun @r***********a juga menuturkan rasa kekhawatirannya terhadap program Shopee Garansi Bebas Pengembalian ini, “Shopee tolong dong kasih penjelasan kenapa barang yg diretur atas alasan "berubah pikiran" ongkir bolak baliknya dibebankan ke seller?? kita ga salah apa2, tp harus bayar ongkos kirim hanya karna kegabutan org lain.”.

Respons kecemasan yang dirasakan oleh para penjual tersebut adalah hal yang lazim, terutama ketika kita belum memahami fakta lebih detail terkait informasinya. Lalu, apakah Garansi Bebas Pengembalian di Shopee itu sebenarnya bikin penjual untung atau buntung? Biar tidak salah kaprah, sebaiknya kita pahami lebih detail tentang program terbaru di Shopee yaitu Garansi Bebas Pengembalian.

Halaman:

Editor: M Hafni Ali


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah