Di Tengah Lemahnya Permintaaan Energi Dunia, Medco Produksi Gas Perdana dari Jawa Timur

- 20 Juli 2020, 14:05 WIB
ILUSTRASI kilang minyak.*
ILUSTRASI kilang minyak.* /AFP/

PR BEKASI – Covid-19 atau virus corona membuat terganggunya sejumlah sektor salah satunya sektor energi.

Lemahnya permintaan di sektor energi diakibatkan oleh kebijakan pembatasan sosial dan karantina wilayah guna mencegah laju penularan virus corona.

Di Amerika Serikat, minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) misalnya masih mengalami pergerakan yang fluktuatif akibat pengaruh Covid-19 tersebut.

Baca Juga: Usai Pembatalan New York Auto Show, Hyperion Rilis Jadwal Peluncuran XP-1 Supercar

Terbaru, PT Medco Energi Internasional (MEDC) mengumumkan pada 13 Juli 2020 lalu telah memproduksi gas perdana dari Lapangan Meliwis yang ditemukan pada 2016 di Wilayah Kerja Lepas Pantai Madura, Jawa Timur.

Dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari Antara CEO Medco Roberto Lorato mengatakan terlepas dari tantangan logistik dan operasional yang ditimbulkan oleh pandemi virus corona, Medco mampu menyelesaikan pengembangan lapangan gas Meliwis dengan aman.

Lapangan ini dikembangkan melalui platform tak berawak dan pipa bawah laut sepanjang 11 kilometer untuk memasok hingga 20 MMCFD ke industri dalam negeri Jawa Timur.

Baca Juga: Sambut Awal Pekan, IHSG dan Nilai Tukar Rupiah Dibuka Bervariasi

Selain itu, dalam jangka waktu 4 tahun sejak lapangan ditemukan, menurutnya saat ini lapangan tersebut telah dapat produktif memproduksi gas.

Sebelumnya Direktur Utama Medco Hilmi Panigoro mengatakan perusahaan migas tersebut tengah mengalami penurunan permintaan sepanjang pandemi Covid-19, namun disisi lain produksi minyak dan gas terus mengalami peningkatan.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x