Ini Deretan Manfaat Luar Biasa dari Konsumsi Bawang Bombay

- 12 Juni 2024, 15:52 WIB
Ilustrasi bawang bombay.
Ilustrasi bawang bombay. /Pixabay/Couler/

PATRIOT BEKASI - Ternyata bawang bombay menawarkan beberapa manfaat luar biasa, memberikan rasa yang kuat dan juga memiliki efek positif bagi kesehatan. Menurut apa yang dimuat di website Eating Well, bawang bombay merupakan sumber alami vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang dibungkus dalam kemasan lezat dengan banyak lapisan.

Bawang mungkin paling dikenal karena rasanya yang pedas, tajam, dan sekaligus lezat, terutama jika dimakan mentah, karena bawang bombay memberikan rasa yang kuat dan lezat yang dapat menghidupkan hidangan apa pun.

Saat bawang bombay digoreng atau dikaramel, bawang bombay akan menghasilkan rasa manis yang lezat disertai dengan rasa yang sedikit lembut, menambah kedalaman dan kekayaan pada berbagai hidangan, dan memberikan manfaat nutrisi berikut bagi tubuh:

1. Mendukung kesehatan usus

Bawang adalah sumber prebiotik alami yang penting untuk kesehatan usus yang optimal. Prebiotik, sebagai serat yang tidak dapat dicerna, memberi makan bakteri usus yang bermanfaat, mendorong pertumbuhannya dan mendorong keseimbangan flora usus.

Bawang mengandung inulin prebiotik, yang membantu merangsang pertumbuhan bakteri sehat. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa allicin, senyawa yang ditemukan dalam bawang bombay, juga dapat membantu mendukung kesehatan usus.

Baca Juga: Minyak Wijen Ternyata Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Tekanan Darah

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Konsumsi bawang bombay secara teratur juga mendukung kesehatan jantung. Bawang bombay mengandung sifat anti inflamasi dan antioksidan, terutama quercetin yang dapat memiliki efek anti hipertensi.

Halaman:

Editor: M Hafni Ali

Sumber: Al Arabiya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub