Ditetapkan UNESCO Sebagai Global Geopark, Wishnutama Akan Bangun Creative Hub di Danau Toba

- 12 Juli 2020, 14:56 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsat Pandjaitan dan Menparekraf Wishnutama Kusubandio berbincang di tepi kawasan kaldera Danau Toba yang baru ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.*
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsat Pandjaitan dan Menparekraf Wishnutama Kusubandio berbincang di tepi kawasan kaldera Danau Toba yang baru ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.* /Kemenparekraf/

PR BEKASI - The United Nations Educational, Scientific, Cultural Organisations (UNESCO) baru saja menetapkan Kaldera Toba di Sumatra Utara sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO.
Menteri Pariwsata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengapresiasi penetapan ini dan mengatakan bahwa penobatan tersebut sebagai bukti Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata kelas dunia.

Wishnutama pun berkomitmen untuk meningkatkan potensi wisata di sekitar kawasan tersebut dengan mendorong pengembangan ekonomi kreatif yang ada. Salah satu caranya adalah membangun creative hub.

Baca Juga: NASA Bersiap Eksplorasi Planet Kembaran Bumi dalam Misi VERITAS 

Dikutip dari Kemenparekraf, Wishnutama mengutarakan hal tersebut dalam acara penyerahan uang santunan atas Lahan Zona Otorita Danau Toba di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba dan Groundbreaking Dukungan PT Pertamina dan PT Pegadaian di 10 Desa Wisata di Kawasan Danau Toba pada Jumat, 10 Juli 2020.

“Creative Hub menjadi wadah bagi pelaku kreatif lokal di Destinasi Pariwisata Super Prioritas untuk memaksimalkan potensi masyarakat melalui kegiatan seperti workshop, showcase, event kreatif mingguan, dan sebagainya,” kata Wishnutama yang dikutip oleh Pikiranrakyat-bekasi.com.

Wishnutama mengatakan creative hub ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para pelaku industri kreatif yang ada di sekitar Danau Toba seperti para pengrajin suvenir, seniman, pengusaha kuliner, dan fotografer.

Selain itu, creative hub ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba.

Baca Juga: Kembali Dibuka 29 Juli, Kemenparekraf Rilis Standar Pengoperasian Bioskop

“Pariwisata harus bisa menyejahterakan masyarakat setempat, tidak boleh hanya menjadi penonton,” ungkap Wishnutama.

“Danau Toba juga telah ditetapkan menjadi salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Presiden sudah berkali-kali ke Danau Toba untuk memastikan bahwa pembangunan di kawasan Danau Toba dapat berjalan dengan lancar sehingga menunjang kegiatan pariwisata,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, berpesan agar masyarakat dan pemerintah Provinsi Sumatra Utara dan pemerintah daerah di sekitar Danau Toba menjaga fasilitas-fasilitas penunjang pariwisata di sekitar Danau Toba.

Luhut Binsar Pandjaitan juga meminta agar warga setempat dan pemerintah setempat untuk menjaga kebersihan di sekitar Danau Toba.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x