Ibadah Haji Hampir Selesai, Begini Kisah Jemaah Haji yang Rayakan Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19

- 21 Juli 2021, 10:12 WIB
Para jemaah haji sedang melakukan lempar jumrah dengan melemparkan tujuh batu ke tiang yang melambangkan setan di Mina.
Para jemaah haji sedang melakukan lempar jumrah dengan melemparkan tujuh batu ke tiang yang melambangkan setan di Mina. /Arab News


PR BEKASI - Setelah balang jumrah pertama dan penghapusan pembatasan Ihram di Mina, ibadah haji tahun ini hampir selesai dan umat Islam di seluruh dunia mulai merayakan hari raya Idul Adha.

Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman bertukar pesan ucapan selamat hari raya Idul Adha dengan para pemimpin negara-negara Muslim di seluruh dunia.

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Arab News pada Rabu, 21 Juli 2021, setelah istirahat hampir enam jam di Muzdalifah, 60.000 jemaah haji diangkut ke Mina setelah tengah malam pada Senin, 19 Juli 2021.

Lebih dari 1.700 bus digunakan untuk memindahkan jamaah haji ke Mina dengan jarak sekitar lima kilometer dari masjid paling suci umat Islam.

Baca Juga: Link Resmi Siaran Langsung Khutbah Arafah dari Masjid Namirah Pukul 16.30 WIB, Obati Rindu Ibadah Haji

Dalam balang jumrah, setiap jemaah haji melemparkan tujuh kerikil di Jamrah Agung, yang disebut Jamrat Aqaba.

Dimana pada zaman Nabi Ibrahim dengan melempari setan menggunakan batu di tiga lokasi ketika ia mencoba membujuk Abraham untuk melanggar perintah Allah dengan mengorbankan putranya, Ismail.

Setelah balang jumrah selesai, para jemaah haji mengorbankan domba, pria mencukur rambut mereka kemudian melepas ihram mereka dan mengunjungi kembali Masjidil Haram untuk Tawaf Al-Ifadhah sebelum kembali ke Mina.

Mona Hamad, seorang jemaah haji dari Arab Saudi mengatakan bahwa dia begitu bahagia bisa melaksanaksanakan ibadah haji pertamanya.

Halaman:

Editor: Rinrin Rindawati

Sumber: Arab News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X