Dokumen Terbaru Covid-19 Bocor, Laboratorium Wuhan Terungkap Berencana Masukan Virus ke Kelelawar

- 23 September 2021, 18:42 WIB
Sebuah dokumen bocor terbaru terkait asal-usul pandemi Covid-19 mengatakan laboratorium Wuhan berencana masukan Covid-19 ke kelelawar.
Sebuah dokumen bocor terbaru terkait asal-usul pandemi Covid-19 mengatakan laboratorium Wuhan berencana masukan Covid-19 ke kelelawar. /REUTERS

PR BEKASI – Sebuah dokumen rahasia baru terkait asal-usul pandemi Covid-19 bocor.

Menurut laporan dalam dokumen itu, permintaan pendanaan terhadap Amerika Serikat (AS) ditolak karena mereka berencana untuk merilis versi virus yang dimodifikasi ke populasi kelelawar lokal di China

Dokumen tersebut menjelaskan rencana untuk menginfeksi habitat kelelawar lokal, yang berbasis 2.000 kilometer barat daya dari Wuhan dengan virus yang memiliki protein lonjakan chimeric baru, sama seperti yang terlihat pada Covid-19.

Baca Juga: Peneliti Kamboja Lacak Asal-usul Covid-19, Benarkah dari Kelelawar?

Tetapi para peneliti meminta 14.2 juta dolar atau senilai Rp200 miliar dan ini ditolak oleh Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan AS (Darpa) dengan alasan itu akan membahayakan masyarakat lokal.

Dokumen-dokumen tersebut telah menambah teori konspirasi yang menunjuk ke laboratorium Wuhan sebagai asal mula Covid-19.

China telah berulang kali membantah klaim tersebut semenjak kasus pertama Covid-19 teridentifikasi pada Desember 2019.

Baca Juga: Gedung Putih Sebut Joe Biden dan Xi Jinping Telah Bahas Soal Investigasi Asal-usul Covid-19 Melalui Telepon

Dokumen yang bocor tersebut dinamai 'DEFUSE' yang dirilis oleh Drastic, sekelompok ilmuwan internasional yang menyelidiki asal usul pandemi.

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: Express


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X