Cegah Gelombang Kedua Virus Corona Saat New Normal, Robot Barista Dikerahkan di Sejumlah Kafe

- 27 Mei 2020, 06:15 WIB
PENGUNJUNG kafe mengambil pesanan minumannya yang diantar oleh robot pelayan di Daejeon, Korea Selatan, Senin (25/5/2020).* ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji/pras

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah upaya pencegahan gelombang kedua pandemi Virus Corona atau COVID-19, sebuah robot barista dikerahkan pada sebuah kafe di Daejeon, Korea Selatan.

Terlihat robot barista tersebut tampak melayani pelanggan kafe dengan sopan dan cepat, dan terlihat tidak mengalami kesulitan sama sekali.

Ketika seorang pelanggan menerima pesanannya, robot barista itu mengatakan, "Ini telah latte almdon Rooibos Anda, silahkan menikmati. Ini akan terasa lebih nikmat jika Anda mengaduknya," kata robot barista.

Baca Juga: Viral, Bocah Diduga Dieksploitasi Ditemukan dalam Kondisi Mengenaskan di Warung Kosong di Cianjur

Setelah berhasil menahan pandemi COVID-19 yang telah menginfeksi lebih dari 11.000 orang dan menewaskan 267 orang, Korea Selatan secara perlahan-lahan beralih dari aturan jarak sosial intensif menjadi "menjauhkan dalam kehidupan sehari-hari".

Dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari Reuters, robot barista dapat membantu orang mengamati jarak sosial di depan umum, Lee Dong-bae Direktur Penelitian di Vision Semicon, penyedia solusi pabrik pintar yang mengembangkan robot barista bersama dengan lembaga sains yang dikelola negara.

"Sistem kami tidak memerlukan masukan dari orang-orang dari pesanan hingga pengiriman, dan meja-meja jarang disusun untuk memastikan kelancaran pergerakan robot, yang mana sesuai dengan kampanye jarak sosial dan menjaga jarak saat ini," ujar Lee Dong-bae.

Baca Juga: Demi Dukung 'New Normal', Berikut Daftar 29 Wilayah yang Akan Kerahkan Pasukan TNI-Polri

Sistem yang menggunakan lengan robot pembuat kopi dan robot penyajian, dapat membuat 60 jenis kopi yang berbeda dan menyajikan minuman kepada pelanggan di kursi mereka.

Sistem itu juga dapat berkomunikasi dan mengirimkan data ke perangkat lain dan mengandung teknologi self-driving untuk menghitung rute terbaik di sekitar kafe.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X