Kamis, 20 Februari 2020

Meski Berdampak Buruk bagi Kesehatan, Indonesia Masih Jadi Salah Satu Negara Konsumen Asbes Terbesar

- 7 Februari 2020, 15:29 WIB
ILUSTRASI bahaya asbes bagi Indonesia.*

PIKIRAN RAKYAT - Indonesia terhitung sebagai salah satu negara konsumen asbes terbesar di dunia. Umumnya, negara yang konsumsi asbesnya tinggi kebanyakan memiliki tambang asbes sendiri.

Namun beda halnya dengan Indonesia yang justru tidak memiliki tambang asbes sendiri yang malah konsumsinya mencapai ratusan metrik ton sejak 1957.

Hal tersebut dikatakan Mochammad Darisman sebagai inisiator awal gerakan pelarangan asbes di Indonesia. Menurutnya, saat ini Indonesia menjadi negara konsumen asbes terbesar ketiga di dunia.

Baca Juga: Beda Sikap Bekasi dan Bandung dalam Lindungi Warganya dari Bahaya Penggunaan Asbes 

“Uniknya, Indonesia tidak seperti Tiongkok, Rusia, Kanada, Brazil, bahkan Australia yang memiliki ladang (tambang) asbes. Konsumsi asbes Indonesia seluruhnya berasal dari impor tapi tidak ada satupun laporan penyakit akibat asbes hingga tahun 2017 yang lalu,” kata Darisman.

Sementara itu, dirinya juga menjelaskan, negara yang konsumsi asbesnya tinggi rata-rata telah memiliki tambang asbes sendiri.

Sementara itu, ia menjelaskan saat ini, negara-negara yang memiliki tambang asbes terbesar seperti Kanada, Brazil, dan Australia telah menghentikan penambangan dan konsumsi asbes.

Hal ini dilakukan lantaran telah terdapat ratusan korban meninggal akibat asbes.

Baca Juga: Premier League Resmi Umumkan Batas Akhir Bursa Transfer Musim Panas 2020/2021 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X