Gunung Semeru Erupsi hingga 700 Meter, PVMBG Imbau Masyarakat

- 22 September 2023, 15:41 WIB
Gunung Semeru mengalami erupsi.
Gunung Semeru mengalami erupsi. /ANTARA

PATRIOT BEKASI - Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur meletusan abu setinggi lebih kurang 700 meter di atas puncak pada Jumat, 22 September 2023 sekira puul 09.23 WIB.

Kolom letusan abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah tenggara dan selatan.

Informasi tersebut disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui siaran persnya, Jumat, 22 September 2023.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Semeru, Yadi Yuliandi mengatakan erupsi terekam melalui seismograf dengan amplitudo maksimum 22 milimeter dan durasi 101 detik.

Baca Juga: Lima Makanan dan Minuman yang Dapat Menyembuhkan Sakit Kepala

"Terjadi erupsi G. Semeru pada hari Jumat, 22 September 2023, pukul 09.23 WIB," ujar Yadi Yuliandi.

"Tinggi kolom letusan teramati ± 700 m di atas puncak (± 4376 m di atas permukaan laut)," sambungnya dikutip Patriot Bekasi dari PMJ News.

PVMBG mengimbau masyarakat yang berdekatan tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi).

Lanjut Yadi, di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan, karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

Selain itu masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari puncak Gunung Semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Halaman:

Editor: M Hafni Ali

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x