Badai Matahari Kuat Hantam Bumi Hari Ini, Jaringan Satelit dan Komunikasi Diprediksi Terganggu

- 2 Mei 2021, 07:45 WIB
Sebuah badai Matahari kuat akan menghantam Bumi pada Minggu, 2 Mei 2021. /NASA/Steel Hill
Sebuah badai Matahari kuat akan menghantam Bumi pada Minggu, 2 Mei 2021. /NASA/Steel Hill /

PR BEKASI – Sebuah badai Matahari berkecepatan di 1.8 juta kilometer per jam akan menghantam Bumi pada Minggu, 2 Mei 2021.

Hantaman badai Matahari dengan kekuatan yang cukup kuat tersebut berpotensi menyebabkan gangguan terhadap jaringan satelit.

Para peneliti menemukan lubang di atmosfer Matahari yang mengeluarkan partikel Matahari ke luar angkasa dengan kecepatan 500 kilometer per detik yang menyebabkan badai Matahari.

"Aliran partikel dari badai Matahari tersebut berada pada jalur hantaman langsung dengan Bumi, dan akan terjadi pada hari ini," kata para ahli, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Daily Star.

Baca Juga: Tips Hindari Alat Tes Covid-19 Bekas yang Bisa Bahayakan Tubuh, Jangan Terjebak seperti di Kualanamu

Badai Matahari tersebut telah diberi label badai kelas G1 yang dapat menyebabkan fluktuasi jaringan listrik yang lemah dan dapat memiliki dampak kecil pada operasi satelit.

Tetapi badai Matahari ini relatif tidak signifikan saat semburan api Matahari pergi, dan fenomena ini diketahui sering terjadi.

Diketahui, Matahari secara teratur meletuskan suar ke luar angkasa, dan sebagian besar tidak berbahaya bagi Bumi.

Meskipun demikian, Matahari sepenuhnya mampu menghasilkan jilatan api matahari yang dapat melumpuhkan teknologi manusia.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: Daily Star


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah