Mengajak Anak Salat ke Masjid: Tips Praktis untuk Orang Tua

- 14 Maret 2024, 07:40 WIB
Ilustrasi mengajak anak salat ke masjid.
Ilustrasi mengajak anak salat ke masjid. /Freepik/

PATRIOT BEKASI - Kegiatan mengajak anak salat ke masjid adalah langkah awal untuk mengenalkan pendidikan agama islam untuk anak-anak terutama anak laki-laki.

Namun, tantangan seperti hasrat bemain, dan konsentrasi yang belum stabil pada anak kecil sering membuat orang tua merasa khawatir. Berikut adalah beberapa tips praktis yang dapat membantu dalam menghadapi situasi ini ketika mengajak anak ke masjid:

Sebelum ke Masjid Anda Bisa Perhatikan Hal-hal Berikut:

Perhatikan Usia Anak: Bawa anak ke masjid saat mereka sudah mulai mengerti dan dapat diatur. Usia ini berbeda-beda untuk setiap anak, jadi perhatikan perkembangan mereka dengan seksama.

Baca Juga: HP Kehujanan, Jangan Langsung Dipakai! Ikuti Langkah Berikut agar Tidak Rusak

Berikan Pengertian yang Tepat: Penting untuk menjelaskan kepada anak tentang pentingnya masjid sebagai tempat ibadah yang harus dihormati. Ajarkan mereka perilaku yang sopan, seperti tidak berlarian-larian atau berteriak di dalam masjid.

Biasakan di Rumah: Latih anak dengan suasana ibadah di rumah. Ajarkan gerakan sholat sederhana dan bacaan doa pendek. Ciptakan suasana yang tenang saat beribadah untuk membiasakan mereka dengan keadaan yang serupa di masjid.

Kenakan Pakaian yang Sesuai: Pastikan anak memakai pakaian yang bersih, rapi, dan menutup aurat. Ini akan membantu mereka merasa nyaman dan menghormati tempat ibadah.

Halaman:

Editor: M Hafni Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah