500.000 Pengguna Ponsel Unduh Aplikasi Mengandung Malware Berbahaya, Bisa Kuras Isi Dompet

- 29 Januari 2022, 15:14 WIB
Sebanyak 500.000 pengguna ponsel Android di Indoneia diketahui telah mengunduh aplikasi yang mengandung malware berbahaya.
Sebanyak 500.000 pengguna ponsel Android di Indoneia diketahui telah mengunduh aplikasi yang mengandung malware berbahaya. //PIXABAY/geralt

PR BEKASI – Masyarakat disarankan lebih berhati-hati lagi bila akan mengunduh berbagai aplikasi di ponsel Android.

Pasalnya, bisa jadi aplikasi yang Anda unduh di Android secara sembarangan mengandung malware jahat yang dapat menguras isi dompet Anda.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Dittipidsiber Bareskrim Polri, terdapat 500.000 pengguna ponsel Android di Indonesia telah mengunduh aplikasi yang mengandung malware di Play Store.

Diketahui, malware yang diketahui bernama 'Joker' tersebut ditemukan secara tidak sengaja di sebuah aplikasi bernama Color Message yang saat ini telah dihapus oleh pihak Play Store.

Baca Juga: 9 Pemain Persib Positif Covid-19 Imbas dari Liburan? Viking Frontline: Kasih Sanksi, Tindakan Indisipliner

Tak hanya itu, pelaku juga tanpa sepengetahuan pengguna aplikasi akan mendaftarkan mereka ke layanan premium berbayar.

“Pelaku melakukan simulasi klik untuk menghasilkan pendapatan dari iklan berbahaya dan menghubungkan ke server yang berlokasi di Rusia,” ujar keterangan Dittipidsiber Bareskrim Polri.

Malware tersebut secara diam-diam dapat mengekstrak daftar kontak pengguna ke server yang dikendalikan oleh pelaku.

Hal tersebut memungkinkan pelaku untuk mengakses daftar kontak para pengunduh aplikasi Color Message agar dapat mendaftarkan mereka ke layanan premium berbayar.

Halaman:

Editor: Nopsi Marga

Sumber: Instagram @ccicpolri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x