TKA Tiongkok Dikabarkan Datang ke Indonesia Kenakan Hazmat untuk Kelabui Orang-orang, Simak Faktanya

- 22 Mei 2020, 13:25 WIB
Ilustrasi tenaga medis. /AFP / Angela Weiss

PIKIRAN RAKYAT - Beredar sebuah video di platform Youtube yang menyebutkan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok kembali berdatangan ke Indonesia melalui Kota Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel).

Dalam unggahan video tersebut juga disebutkan bahwa para TKA Tiongkok datang ke Indonesia dengan sengaja menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap agar orang-orang menyangka bahwa mereka adalah petugas medis.

Akan tetapi setelah dilakukan penelusuran, klaim bahwa TKA Tiongkok kembali berdatangan ke Indonesia adalah hoaks atau masuk dalam kategori konten yang salah.

Baca Juga: Masuk Zona Merah Virus Corona, Pemkot Bekasi Perbolehkan Warga Salat Id di Masjid dan di Lapangan 

Hasil pantauan tim Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs MAFINDO, pada Jumat 22 Mei 2020, memberikan penjelasan mengenai klaim yang menyebutkan bahwa TKA Tiongkok kembali memasuki wilayah Indonesia, lebih tepatnya melalui Kota Palembang, Sumsel.

Faktanya adalah TKA Tiongkok tersebut bukan baru saja datang ke Indonesia lewat Kota Palembang, melainkan mereka yang bekerja di Kota Pempek tersebut dipulangkan ke negara asalnya.

Sebanyak 141 TKA Tiongkok dipulangkan ke Negeri Tirai Bambu menggunakan maskapai Cambodia Airways.

TKA Tiongkok tersebut tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, pada Rabu 20 Mei 2020, pukul 14.30 WIB, dengan menggunakan lima bus serta dilengkapi baju hazmat dan masker, sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga: Viral Rencana Peluncuran Kembang Api dan Bunyi Sirine, Tandai Akhir Masa PSBB di Kota Tegal 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X