Ini Bedanya SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking: Mana yang Lebih Baik?

- 8 Juni 2021, 10:13 WIB
Ilustrasi. Perbedaan antara SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking.
Ilustrasi. Perbedaan antara SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking. /pixabay/Firmbee

PR BEKASI - Di tengah kemajuan zaman dan teknologi saat ini semua keperluan manusia menjadi lebih mudah. Semua kebutuhan manusia dibantu dengan teknologi, salah satunya urusan keuangan.

Mungkin anda sering mendengar istilah SMS Banking, atau Mobile Banking dan Internet Banking, dengan ketiga layanan tersebut anda tidak perlu repot ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi sehari-hari.

Layanan SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking dalam anda akses langsung melalui smartphone. Tetapi sebenarnya apa sih perbedaan dari ketiga jenis layanan tersebut?

Baca Juga: Polemik Penyesuaian Tarif ATM Link, Pengamat Sebut untuk Keberlanjutan Bisnis Bank

Dirangkum PikiranRakyat-Bekasi.com dari laman Danamon, berikut perbedaan dari layanan SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking:

SMS Banking

Seperti namanya, SMS Banking adalah layanan perbankan yang dapat anda akses melalui pesan singkat atau SMS. Beberapa jenis transaksi yang dapat anda lakukan dengan SMS Banking adalah cek saldo, bayar tagihan listrik, transfer, beli pulsa dan lainnya.

Secara sederhana SMS Banking bekerja sama halnya ketika anda melakukan SMS pada umumnya. Anda tinggal mengirim kode ke nomor yang telah ditentukan oleh pihak bank untuk melakukan transaksi.

Baca Juga: Transaksi Cek Saldo dan Tarik Tunai di Bank BTN Tetap Gratis, Asalkan Ikuti Cara Ini

Kelebihan SMS Banking dibandingkan Mobile Banking dan Internet Banking adalah, SMS Banking tidak membutuhkan jaringan internet.

SMS Banking biasanya sering digunakan untuk nasabah yang tinggal di daerah terpencil yang kesulitan mengakses internet, selain itu anda tidak harus menggunakan smartphone bagus untuk dapat mengakses SMS Banking.

Mobile Banking

Berbeda dengan SMS Banking, Mobile Banking memerlukan akses internet. Mobile Banking merupakan aplikasi yang dapat diunduh melalui Play Store.

Baca Juga: Mulai 1 Juni, Tarik Tunai dan Cek Saldo di ATM Link Bank BUMN Dikenakan Biaya hingga Rp5.000

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi Mobile Banking, anda harus melakukan pendaftaran akun sesuai dengan instruksi dan format yang ditentukan oleh pihak bank tempat anda membuka rekening.

Jika sudah terinstal dan mendaftarkan akun, anda dapat menikmati berbagai fasilitas dalam aplikasi Mobile Banking tersebut melalui smartphone.

Kelebihan Mobile Banking diantaranya fasilitas layanan yang lebih lengkap dibandingkan SMS Banking, kemudian dapat diakses kapan saja dengan koneksi internet, keamanan terjadi dan transaksi menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Daftar Lokasi Penukaran Uang Tunai untuk Idul Fitri 2021 di Karawang, Catat 7 Bank Ini

Internet Banking

Internet Banking memiliki beberapa nama lain diantaranya Online Banking, Electronic Banking, Virtual Banking dan lainnya. Internet Banking seperti namanya harus diakses menggunakan internet.

Tetapi berbeda dengan Mobile Banking, pada Internet Banking anda tidak harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu di smartphone. Internet Banking dapat dilakukan dengan anda mengakses situs resmi bank.

Anda harus mendaftarkan rekening anda ke bank atau ATM agar dapat mengakses layanan Internet Banking ini.

Baca Juga: Daftar Lokasi Bank Tempat Penukaran Uang Rupiah Periode Idul Fitri di Wilayah Indramayu, Bisa Secara Non-Tunai

Kelebihan dari Internet Banking adalah anda tidak perlu melakukan penginstalan aplikasi yang memberatkan kerja smartphone, karena anda tinggal mengakses situs resmi bank melalui browser.

Itulah perbedaan antara SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking. Pilihan layanan yang sesuai dengan kebutuhan anda, dan pastikan selalu keamanan saat bertransaksi.***

Editor: Elfrida Chania S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x