Literasi Keuangan Menjadi Kunci Pengaturan Finansial di Masa Depan

- 19 Februari 2020, 20:32 WIB
Mengatur keuangan bagi sebagian remaja tentu dirasa menyulitkan. Tapi di satu sisi Sobat Belia tidak boleh selalu minta jatah dari orangtua. Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Pendidikan literasi keuangan penting bukan hanya untuk milenial, tetapi juga bagi para senior. Literasi keuangan dalam pandangan Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusial, Organisasi, dan Tata Laksana (SDM Ortala), Ratih Mayangsari adalah pengetahuan unntuk mengelola keuangan.

Dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari situs resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) menurutnya para pegawai akan mendapatkan kesejahteraan bukan hanya di masa sekarang ini, tetapi ke depan saat sudah selesai tugas.

Hal itu dikatakan dalam acara seminar Financial Literacy, Keuangan di Era Jajan Masa Kini di Aula Serbaguna, Gedung III Lantai I, Kementerian Seketariat Negara (Kemensetneg) Jakarta Rabu, 19 Februari 2020.

Baca Juga: 4 Manfaat Konsumsi Teh Tawar, Tanpa Gula pun Tetap Nikmat

”Nanti kita supaya sejahtera ini kita bisa mengelola, bisa memanage keuangan yang kita dapatkan pada saat ini untuk nanti pada saat masa depan kita nanti ke depan,” katanya.

Ratih melanjutkan para pegawai diharapkan mampu mengelola keuangan dengan menyisihkan pendapatan di usia produktif untuk nanti digunakan saat usia nonproduktif.

Sementara itu Ia juga menyampaikan bahwa pesan dan nasehat dari orang tua dahulu bahwa dalam mengelola keuangan itu tentu harus memprioritaskan kebutuhan bukan keinginan.

Baca Juga: Bantah Adanya Virus Corona, WHO: Tak Satu Pun Masuki Korea Utara

”Nah, kita sering terjebak dalam mengelola keuangan itu, keinginan yang kita dahulu kan, padahal sebenarnya kan kebutuhan. Nah, ini yang sering menjebak kita, akhirnya kita terjerumus dalam masalah keuangan,” tambahnya.

Pada praktiknya, lanjut Ratih, masalah indisipliner pegawai salah satunya bersumber dari masalah keuangan sehingga menghambat produktivitas dalam bekerja.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: setkab


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X