BI Berhasil Jaga Kestabilan Rupiah, Kini Berada di Level Rp 15.630

- 14 April 2020, 20:40 WIB
Logo Bank Indonesia
Logo Bank Indonesia /Pikiran Rakyat/.*(foto Pikiran Rakyat)

PIKIRAN RAKYAT – Bank Indonesia (BI) membuktikan kemampuannya menjaga kestabilan mata uang rupiah di tengah pandemi Virus Corona atau COVID-19 yang melanda dunia.

Sejumlah pihak sempat khawatir nilai tukar rupiah akan merosot akibat pandemi yang mengusik sektor ekonomi Indonesia.

Saat ini nilai tukar rupiah dalam kondisi stabil dan berada di level Rp 15.630 per dollar Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Atasi Kecemasan Akibat Virus Corona, Peneliti Kembangkan Audio Visual Sebagai Intervensi

Bukan hanya itu, sejumlah perbankan nasional juga tak terpancing untuk meluncurkan kebijakan-kebijakan yang bisa melemahkan kondisi rupiah.

Dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari situs resmi DPR pemerintah sangat mengapresiasi upaya Bank Indonesia yang telah melancarkan strateginya demi menjaga kestabilan ekonomi Indonesia di tengah pandemi virus corona yang berimbas terhadap berbagai sektor.

Selain dari Eksekutif, lembaga legislatif DPR menilai keberhasilan BI sangat berperan bagi ketersediaan moneter di tanah air.

Baca Juga: Ramadhan di Tengah Pandemi Corona, MUI: Berpuasalah, Niscaya akan Melahirkan Kesehatan

“Bank Indonesia berhasil melakukan repo line credit kepada The Fed Bank sebesar 60 billion dollar Amerika Serikat sehingga pasar cukup confidence terhadap ketersediaan moneter di dalam negeri,” ujar anggota DPR Achmad Hafisz Tohir seperti dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari DPR RI.

Hafisz menilai BI sangat gesit dan cepat menutup pelemahan cadangan devisa negara dengan menerbitkan surat utang global pemerintah yang sempat merosot.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: DPR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x