Jokowi Persilakan Penegak Hukum ‘Gigit’ Pejabat yang Punya Niat Korupsi Uang Penanganan Virus Corona

- 15 Juni 2020, 14:25 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). /*/ Foto: presidenri.go.id

PR BEKASI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilakan aparat penegak hukum yaitu Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan Agung maupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk 'menggigit' pejabat maupun para pelaksana yang memiliki niat korupsi dalam penggunaan dana Rp 677,2 triliun untuk penanganan virus corona atau Covid-19.

"Kalau ada yang masih membandel, niat untuk korupsi, ada 'mens rea' (niat jahat) silakan bapak ibu 'gigit' dengan keras, uang negara harus diselamatkan kepercayaan rakyat harus terus kita jaga," kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta seperti dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari Galamedia Senin, 15 Juni 2020.

Jokowi juga menegaskan bahwa pemerintah sangat serius dalam mengutamakan aspek akuntabilitas.

Baca Juga: Pecinta Film Garis Keras, Keliling Dunia Selama 5 Tahun Demi Bisa Remake Adegan Film Ternama

“pencegahan harus diutamakan tata kekola yang baik harus didahulukan," ucap Jokowi.

Tugas para penegak hukum yaitu kepolisian, Kejaksaan Agung, KPK dan penyidik pegawai negeri sipil menurut Presiden Jokowi adalah menegakkan hukum.

"Tapi saya juga ingatkan jangan 'menggigit' orang yang tidak salah, jangan menggigit yang tidak ada 'mens rea' juga jangan menebarkan ketakutan-ketakutan kepada para pelaksana dalam menjalankan tugasnya," ujarnya.

Baca Juga: Bintang Emon Difitnah Pakai Narkoba, Rekan Komika Berikan Dukungan

Menurut Jokowi, BPKP, inspektorat dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) adalah aparat internal pemerintah yang harus fokus pada pencegahan dan perbaikan tata kelola.

"Selain itu kerja sama sinergi dengan lembaga-lembaga pemeriksa eksternal, BPK, harus terus dilakukan demikian juga sinergi antara aparat penegak hukum kepolisian, kejaksaan dan KPK harus kita lanjutkan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah