Optimisme Pemangkasan Produksi oleh OPEC, Harga Minyak Dunia Kembali Naik

- 16 Juni 2020, 12:59 WIB
ILUSTRASI bendera OPEC.*
ILUSTRASI bendera OPEC.* /AFP / ALEXANDER KLEIN/

PR BEKASI – Usai sempat kembali mengalami penurunan, harga minyak dunia kembali mengalami kenaikan.

Dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari Antara harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli naik 86 sen atau 2,4 persen ke level 37,12 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange pada akhir perdagangan Senin, 15 Juni 2020 waktu setempat atau Selasa, 16 Juni 2020 pagi WIB.

Begitu juga dengan minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman Agustus turut naik 99 sen ke level 39,72 dollar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Baca Juga: Usai Alami Pelemahan, IHSG dan Nilai Tukar Rupiah Kompak Kembali Menguat

Berdasarkan data yang dirilis dari Antara, kenaikan harga yang terjadi pada minyak dunia hari ini ditopang tanda-tanda permintaan bahan bakar mulai meningkat akibat sejumlah negara melonggarkan kebijakan pembatasan sosial atau lockdown-nya.

Faktor lainnya yakni Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) berkomitmen untuk melanjutkan pemangankasan produksinya.

Kebijakan ini dibuat di tengah adanya kekhawatiran infeksi baru atau gelombang kedua virus corona yang mulai melanda sejumlah negara dunia.

Baca Juga: Suntik Pasien dengan Dosis Obat Tinggi, Perawat Ditangkap Atas Tuduhan Bunuh 8 Lansia di Panti Jompo

Sementara itu, Uni Emirat Arab turut menyuarakan keyakinannya kepada OPEC atas komitmen mereka terhadap pemangkasan produksi tersebut.

“Itu sepertinya menghilangkan beberapa negativitas pasar,” kata Analis Senior di Price Futures Group Phil Flynn.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x