Luhut Binsar Pandjaitan Minta UMKM Naik Kelas dan Bertransformasi ke Digital

- 30 Agustus 2020, 14:01 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat menjadi pembicara kunci dalam High Impact Seminar Kick Off Program BI dalam Gerakan Nasional 'Bangga Buatan Indonesia'.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat menjadi pembicara kunci dalam High Impact Seminar Kick Off Program BI dalam Gerakan Nasional 'Bangga Buatan Indonesia'. //Antara

PR BEKASI – Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini ikut terkena hantaman Pandemi COVID-19 sehingga UMKM dituntut untuk segera melakukan adaptasi seperti memasuki ekosistem digital untuk memasarkan produknya.

Sebagai upaya langkah tepat di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan masa adaptasi kebiasaan baru.

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai pelaku UMKM harus bertransformasi ke sektor teknologi, tidak terpaku pada sektor makanan dan fesyen saja.

Baca Juga: Jadwal Pekan Pertama Liga Inggris 2020/2021: Liverpool Akan Menjamu Kejutan Tim Promosi 

“Apabila kita tidak bertransformasi, Indonesia akan tertinggal. Di Taiwan, Jerman, dan Korea Selatan, di mana UMKM-nya sudah mulai menyuplai untuk industri ‘High Technology’,” ujar Luhut.

Jadi UMKM sekarang jangan kita berpikir untuk makanan dan untuk fesyen itu saja, tapi sudah mulai kita lakukan untuk bertransformasi kepada high technology," ujar Luhut saat jadi pembicara kunci dalam High Impact Seminar dan Kick Off Program Bank Indonesia dalam gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema "Mewujudkan UMKM sebagai Kekuatan Baru Perekonomian Nasional: Sinergi Program Transformasi UMKM Memasuki Ekosistem Digital", di Jakarta pada Minggu, 30 Agustus 2020.

Luhut yakin pelaku UMKM Indonesia mampu bertransformasi masuk ke sektor teknologi. Selain itu, pemerintah juga komitmen mendorong dan membantu mewujudkannya.

Baca Juga: Cek Fakta: Erick Thohir Sebut Tidak Akan Copot Jabatan Ahok karena Punya Kepentingan dengan Tiongkok 

"UMKM adalah salah satu pilar utama perekonomian Indonesia dan itu bisa kita lakukan sehingga kredit-kredit UMKM sebesar Rp10 Miliar perlu kita lihat untuk mungkin pada sampai sasaran lebih besar agar UMKM yang masuk dalam bidang high technology itu juga akan mendapatkan peluangnya," ujar Luhut.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x