Redam Ancaman Resesi, Jokowi Tekankan 34 Gubernur untuk Cepat Realisasi APBD

- 1 September 2020, 13:39 WIB
Jokowi tekankan kepada 34 gubenur untuk segera merealisasikan APBD, pada ratas di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, 1 September 2020.
Jokowi tekankan kepada 34 gubenur untuk segera merealisasikan APBD, pada ratas di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, 1 September 2020. /ANTARA/

PR BEKASI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada 34 gubernur agar segera merealisasikan anggaran belanja barang dan jasa, modal dan bantuan sosial (bansos) pada September 2020 untuk mencegah resesi.

Hal itu Jokowi sampaikan dalam rapat terbatas bertajuk "Pengarahan Presiden Kepada Para Gubernur Menghadapi Pandemik COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional" melalui video telekonferensi di Istana Kepresidenan Bogor, pada hari Selasa, 1 September 2020.

"Kita masih punya kesempatan September ini, kalau kita masih dalam posisi minus artinya kita masuk ke resesi, karena itu percepat belanja barang dan jasa, belanja modal, belanja bansos betul-betul disegerakan sehingga bisa meningkatkan konsumsi masyarakat dan meningkatkan ekonomi di daerah," tutur Jokowi, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara.

Baca Juga: Resmi! Sri Mulyani Beri Tunjangan Pulsa Gratis Rp200.000 hingga Rp400.000 Ribu per Bulan Untuk PNS

Dalam kesempatan yang sama, hadir juga di Istana Kepresidenan Bogor Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Kita tahu kuartal pertama 2020 kita masih tumbuh 2,97 persen tapi di kuartal kedua kita sudah posisi minus 5,3 persen, untuk itu kuartal ketiga ini kita masih punya 1 bulan dari Juli, Agustus, September untuk melakukan belanja," ujar Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, merujuk data per 27 Agustus 2020, rata-rata nasional untuk belanja APBD tingkat provinsi masih 44 persen sedangkan untuk belanja kabupaten dan kota mencapai 48,8 persen.

Baca Juga: Akan Tegur Batik Air karena Langgar Protokol Kesehatan, Menhub: Khilafnya Sudah Keterlaluan

"Hati-hati mengenai ini, angka ini saya kira bisa kita lihat, belanja barang dan jasa realisasinya berapa, belanja modal berapa, belanja bansos berapa, dilihat Aceh realisasi barang dan jasa berapa, Sumatra Utara baru berapa persen, Bengkulu juga dilihat baru berapa persen," kata Jokowi.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x