Tunjukan Tren Meningkat, Menperin Optimis Industri Otomotif Meningkat di Semester II 2020

- 18 September 2020, 08:30 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. /Instagram/@agusgumiwangk

PR BEKASI – Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), setelah sempat terpukul akibat pandemi Covid-19, penjualan mobil dalam tiga bulan terakhir menunjukkan tren yang meningkat.

Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian pun optimis bahwa laju industri otomotif akan melesat pada semester II tahun ini, kendati sektor tersebut ikut terdampak pandemi Covid-19.

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs ANTARA, hal tersebut diungkapkan Agus melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis, 17 September 2020.

Baca Juga: Facebook dan Ray-Ban Luncurkan Kacamata Pintar Tahun Depan, Bisa Dipakai Saat Live Streaming

“Kami optimis bahwa kinerja industri otomotif berkembang positif pada semester II tahun ini, kalau periode sebelumnya terjadi perlambatan karena dampak dari pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Agus Gumiwang mengatakan bahwa penjualan mobil secara ritel atau dari dealer ke konsumen pada Agustus 2020 sebanyak 37 ribuan unit, jumlah itu pun naik dibandingkan bulan Juli yang tercatat sebesar 35.799 unit.

Sementara itu, penjualan wholesales atau distribusi dari agen pemegang merek (APM) ke dealer pada Agustus 2020 tercatat 37.277 unit, angka tersebut naik 47 persen dibandingkan penjualan Juli 2020 yang mencapai 25.283 unit.

“Artinya sudah ada rebound pemulihan, pasar kembali spending uangnya untuk beli mobil dan motor,” ucap Agus.

Baca Juga: Bisa Perparah Gejala Covid-19, Tiga Teh Berkhasiat Ini Cocok untuk Redakan Penyakit Penderita Asma

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x