Semprot Anak Buah Jokowi, Rizal Ramli: Birokrat Kita Tidak Becus, Kerjanya Peras Siapa Aja

- 25 Oktober 2020, 20:51 WIB
Ekonom Senior, Rizal Ramli.
Ekonom Senior, Rizal Ramli. /Twitter/@RamliRizal

PR BEKASI - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia sekaligus pakar ekonomi dan politikus Indonesia Rizal Ramli, baru saja mengkritik jajaran kementerian Indonesia habis-habisan.

Tentu ada alasan kuat di balik kritik pedasnya itu. Menurutnya, kondisi ekonomi Indonesia saat ini tidak sesuai harapan, banyak utang, dan penanganan yang tidak menampakkan hasil baik.

Rizal Ramli memulainya dengan mengingatkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia tentang apa yang membuat daya beli di Indonesia terpukul.

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu, Dua Tempat di Asia Tenggara Ini ternyata Jarang Tersentuh Manusia 

"Pertumbuhan kredit tahun lalu hanya 6 persen, kalo ekonomi kita normal 15-8 persen, hari ini, sampai bulan oktober ini hanya 3 persen. Itulah yang memukul daya beli mas Bahlil, bukan hanya regulasi, bagaimana you mau hidup kalau uang yang beredar pertambahan kreditnya hanya 3 persen, belum alokasi untuk usaha kecilnya hanya 17 persen," tuturnya.

Rizal Ramli mengungkapkan kenyataan yang dihadapi di Indonesia saat ini, menurutnya,  tidak ada likuiditas pada perusahaan-perusahaan kecil di Indonesia sehingga memukul para pelaku usaha dan membuat ekonomi Indonesia merosot.

"Regulasi penting, birokrat kita brengsek, yes. Kerjanya meres pengusaha, meres siapa aja, yes, Itu kita benahi," tegasnya sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari kanal YouTube Indonesia Lawyers Club.

Selain regulasi, dirinya juga menyampaikan masalah utama lain yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Kadin Perkebunan Kalbar: Perusahaan Perkebunan Sawit Miliki Peran Strategi Cegah Karhutla 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x