Israel Punya Catatan Tebal Pelanggaran HAM, AS Malah Beri Bantuan Dana 1 Miliar Dolar untuk Iron Dome

- 24 September 2021, 14:22 WIB
DPR AS setuju berikan dana bantuan sebesar 1 miliar dolar atau senilai Rp14.3 biliun untuk sistem pertahanan Iron Dome Israel.
DPR AS setuju berikan dana bantuan sebesar 1 miliar dolar atau senilai Rp14.3 biliun untuk sistem pertahanan Iron Dome Israel. /REUTERS/Amir Cohen

 

PR BEKASIDPR AS telah menyetujui 1 miliar dolar atau senilai Rp14.3 biliun dana tambahan untuk sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel setelah berhari-hari kontroversi seputar dorongan tersebut.

Para legislator meloloskan RUU tersebut dengan suara 420 berbanding sembilan pada Kamis, 23 September 2021 yang membuka jalan bagi peningkatan yang signifikan dalam dukungan AS untuk sistem Iron Dome.

RUU itu sekarang akan dibawa ke Senat, di mana RUU itu diharapkan disahkan dengan mudah sebelum ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Joe Biden, yang telah memberi isyarat dukungan untuk bantuan tambahan.

Langkah itu dilakukan di tengah perdebatan yang semakin intensif tentang dukungan AS untuk Israel dan karena semakin banyak suara progresif di Kongres yang meminta Joe Biden untuk mengkondisikan bantuan AS ke Israel.

Baca Juga: Sering Digerebek Tentara Israel, Anak-Anak Palestina Alami Trauma dan Ketakutan Permanen

Hal tersebut dikarenakan Israel mempunyai segudang catatan pelanggaran hak asasi manusia terhadap bangsa Palestina.

Awal pekan ini, penyertaan pendanaan Iron Dome dari RUU yang berbeda menciptakan kegemparan di AS.

Ketentuan Rp14.3 biliun pertama kali muncul pada Selasa, 21 September 2021 pagi dalam usulan undang-undang DPR AS yang bertujuan menyediakan dana darurat jangka pendek bagi pemerintah AS untuk menghindari penutupan.

Halaman:

Editor: Rinrin Rindawati

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X