Planet K2-18b Disebut Bisa Jadi Rumah untuk Manusia

- 30 Maret 2020, 10:24 WIB
ILUSTRASI planet K2-18b.*

PIKIRAN RAKYAT - Planet K2-18b yang berukuran dua kali Bumi disebut berpotensi bisa dihuni. Hal itu disampaikan para ilmuwan yang meneliti kemungkinan tanda-tanda kehidupan di luar Bumi.

Para peneliti menyebut Planet K2-18b mungkin memiliki sumber air dalam bentuk cair di bawah atmosfernya yang kaya hidrogen.

Para peneliti melihat data massa, poros, dan atmosfer planet tersebut menggunakan metode khusus untuk menemukan kandungan air.

Dikutip PikiranRakyat-Bekasi.com dari The Independent, Senin 30 Maret 2020, disebutkan bahwa planet K2-18b berjarak 124 tahun cahaya, relatif dekat untuk ukuran planet di luar tata surya.

Baca Juga: Raja Thailand Isolasi Diri saat Virus Corona di Hotel Alpine Bersama 20 Selir Picu Amarah Warganya

Ciri planet tersebut sangat mirip dengan Bumi. Namun, planet itu memiliki radius 2,6 kali lebih besar dari Bumi dan massa 8,6 kali lebih besar.

Penelitian menunjukkan bahwa kehidupan dapat berkembang di planet yang lebih besar dari Bumi dan lebih kecil dari Neptunus itu.

Planet itu sebetulnya sudah tidak asing terdengar. Planet itu ditemukan pada 2017 yang akhirnya memicu spekulasi tentang kondisi di sana.

Penemuan planet itu menjadikanya sebagai subjek yang lebih menggairahkan untuk bahan penelitian akhir tahun lalu. Planet K2-18b menjadi planet lain pertama yang ditemukan memiliki uap air di atmosfernya.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: The Independent


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X