Kasus Positif Virus Corona Alami Lonjakan Setelah Jutaan Orang Memaksa Pulang Kampung

- 27 Mei 2020, 09:30 WIB
SALAH satu gelombang pemudik menunggu kereta di New Delhi, India, Minggu 26 Mei 2020, seiring diperpanjangnya lockdown terkait wabah Covid-19.*

PIKIRAN RAKYAT - Sejumlah pejabat melaporkan adanya peningkatan jumlah infeksi Virus Corona atau COVID-19, setelah negara-negara bagian di India menerima jutaan buruh migran kembali dari kota-kota besar.

Dengan kejadian itu, para pejabat mengkhawatirkan pandemi tersebut dapat menyebar ke desa-desa, yang mana fasilitias perawatan medis yang sangat minimal.

Dikutip dari Reuters oleh Pikiranrakyat-bekasi.com, pejabat dari kementerian dalam negeri dan perkeretaapian mengatakan setidaknya sebanyak 4,5 juta pekerja telah bermigrasi dari rumah ke pusat ekonomi dalam dua bulan terakhir, sejak Perdana Menteri Narendra Modi menyatakan karantina wilayah atau lockdown.

Baca Juga: Digunakan oleh Pemerintah RI untuk Penyembuhan Virus Corona, WHO Hentikan Uji Coba Obat Klorokuin

Tercatat pada hari Selasa, India telah melaporkan total 145.380 orang terinfeksi dengan jumlah korban meninggal sebanyak 4.167 orang.

Jumlah tersebut masih relatif rendah untuk sekelas negara berpenduduk padat kedua di dunia, jika dibandingkan dengan sejumlah negara di Benua Biru.

Akan tetapi negara bagian Bihar di bagian timur mencatat lebih dari 160 kasus infeksi pada hari Senin, kenaikan satu hari tertinggi menjadikannya lebih dari 2.700 kasus.

Baca Juga: Gitaris Band Legendaris Queen Hampir Meninggal setelah Alami Serangan Jantung

Dalam 36 jam terakhir, lebih dari 75 orang dinyatakan positif di Odisha dan 35 orang lainnya yang berada di rumah isolasi di negara bagian Rajasthan.

Kasus-kasus terbaru telah memaksa pihak berwenang untuk memperluas sumber daya pengujian yang terbatas.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Zona Priangan

Ferrari Lepas Vettel

5 Juli 2020, 22:24 WIB
X