Dorong Kebangkitan Ekonomi, KPC PEN Bagikan 4 Tips Strategi Pengembangan UMKM dengan Digitalisasi

- 2 Desember 2020, 08:00 WIB
Ilustrasi digitalisasi UMKM. /Pexels.com/faixels

PR BEKASI - Pemerintah terus menggenjot sektor ekonomi yang dapat mendorong pertumbuhan daya beli masyarakat untuk membantu keluar dari jurang resesi.

Berbagai program Bantuan Langsung Tunai (BLT) juga telah diberikan pemerintah kepada kelompok masyarakat tertentu untuk meningkatkan daya beli masyarakat, salah satunya adalah Bantuan Presiden Produktif dari Presiden Jokowi untuk UMKM.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diyakini menjadi 'malaikat' penolong bagi ekonomi Indonesia. Hal ini dipelajari dari berbagai pengalaman krisis ekonomi, UMKM menjadi tulang punggung ekonomi negara.

Baca Juga: Situasi Mulai Darurat, Pfizer dan Moderna Ajukan Izin ke Agensi Obat-obatan Eropa

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari media sosial resmi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), tim pemulihan ekonomi telah melakukan berbagai upaya digitalisasi UMKM.

Wakil Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin optimis dapat merealisasikan target penyerapan anggaran pemulihan ekonomi nasional hingga akhir tahun 2020.

Lebih lanjut, Budi Gunandi mengatakan anggaran sebesar Rp695 triliun untuk penanganan Covid-19 ditargetkan dapat terserap ke dalam 6 program Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Selain itu, tim KPC PEN membagikan tips bagi para pelaku usaha yang kini terjebak dalam situasi krisis akibat pandemi covid-19 dan telah mendapat bantuan dari pemerintah.

Baca Juga: Diduga Tersambar Kereta, Pria Tanpa Identitas Tewas Mengenaskan di Bekasi

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: KPC PEN


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X