Anggaran Dana Otsus Papua 20 Tahun ke Depan Capai Rp234 Triliun, Sri Mulyani: Ini Gambarkan Komitmen Kami

- 26 Januari 2021, 17:48 WIB
Sri Mulyani mengungkap besaran dana Otsus selama 20 tahun ke depan.
Sri Mulyani mengungkap besaran dana Otsus selama 20 tahun ke depan. /Antara

PR BEKASI - Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengestimasi besaran anggaran dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua hingga 20 tahun mendatang mencapai Rp234 Triliun.

Berdasarkan penuturan Sri Mulyani, estimasi besaran dana Otsus Papua itu dua kali lipat dari dana Otsus yang selama 20 tahun terakhir ditransfer ke Papua yakni sebesar Rp101,2 triliun.

Sri Mulyani mengatakan, besaran anggaran dana Otsus belum termasuk transfer keuangan dan dana desa (TKDD) dan belanja kementerian atau lembaga di wilayah Papua.

Baca Juga: Tragedi Keracunan Gas Alam di Sumatra Utara, 5 Warga Tewas Salah Satunya Polisi  

Adapun estimasi besaran anggaran tersebut, ungkap Sri Mulyani, adalah bentuk komitmen pemerintah pusat dalam upaya menutupi kesenjangan pembangunan di wilayah Papua.

“Ini juga menggambarkan Pemerintah Pusat terus berkomitmen terkait capaian pembangunan dan menutupi kesenjangan di wilayah Papua,” kata Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Kerja dengan Komite I DPD RI secara virtual di Jakarta, Selasa, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara pada Selasa, 26 Januari 2021.

Menkeu menjelaskan besaran dana Otsus itu didapatkan dengan asumsi apabila Dana Alokasi Umum (DAU) setiap tahun meningkat sebesar 3,02 persen berdasarkan rata-rata perkembangan pagu DAU selama sembilan tahun terakhir.

Baca Juga: Tak Pernah Mandi Selama 67 Tahun, Kakek Ini Dijuluki Pria Paling Kotor di Dunia 

Pemerintah, lanjut Sri Mulyani, akan berupaya meningkatkan penerimaan negara terutama bersumber dari penerimaan perpajakan.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x