Kemenperin Siapkan Stimulus Tambahan untuk Sektor Industri Terdampak Covid-19

- 12 Juni 2020, 13:36 WIB
ILUSTRASI industri yang memproduksi APD di Indonesia.*
ILUSTRASI industri yang memproduksi APD di Indonesia.* /Kemenperin/

PR BEKASI – Stimulus tambahan yang diperuntukkan bagi sektor industri yang terdampak pandemi Covid-19 kini tengah disiapkan oleh pemerintah.

Tujuan pemberian stimulus tersebut untuk membangkitkan produktivitas para pelaku usaha sehingga bisa kembali mendorong roda perekonomian nasional.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan stimulus tambahan tersebut akan diberikan dalam bentuk keringanan biaya pembayaran atau subsidi listrik bagi industri yang terdampak.

Agus Gumiwang menyebut dirinya sudah mengirimkan surat edaran ke PLN terkait keringan bagi sejumlah industri.

Baca Juga: Cek Fakta: Mencium Janda Selama 1 Menit Bisa Perpanjang Umur hingga 1 Tahun 

Dalam surat tersebut, Menperin mengusulkan agar PLN menghapus biaya minimum untuk pemakaian 40 jam konsumsi listrik termasuk bagi para pelanggan industri premium yang menggunakan 233 jam konsumsi listrik. Kebijakan tersebut diusulkan untuk periode 1 April - 31 Desember 2020.

“Diharapkan industri bisa membayar sesuai dengan jumlah pemakaian penggunaan listrik. Jumlah stimulus yang dibutuhkan sebesar Rp 1,85 triliun selama sembilan bulan,” tutur Agus Gumiwang sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari Portal Informasi Indonesia.

Stimulus tambahan lainnya yakni dispensasi masa pembayaran 50 persen dari total tagihan tarif listrik selama enam bulan terhitung mulai April - September 2020 dengan jaminan angsuran berupa giro mundur selama 12 bulan. Penghapusan denda juga turut diusulkan Menperin.

Baca Juga: Presiden Suriah Pecat Perdana Menteri Tanpa Ungkap Alasannya 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Portal Informasi Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x