Rhenald Kasali Soal Ambisi Merdeka Finansial Anak Muda: Ngapain sih Cepat Kaya?

- 19 Maret 2022, 15:37 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /Pixabay/WorldSpectrum/

PR BEKASI - Ambisi anak muda untuk segera merdeka finansial dapat sorotan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Prof. Rhenald Kasali.

Istilah financial freedom kini populer, menggambarkan seseorang merdeka dari utang, punya pendapatan pasif yang mencukupi kebutuhan sehari-hari, sampai tidak sulit keluar uang demi foya-foya.

Rhenald Kasali, dalam acara PRMN Talk live di Instagram @pikiranrakyat, bertajuk 'Bongkar! Fenomena Kaya Asli & Palsu', Jumat, 18 Maret 2022, mengatakan kemerdekaan finansial seharusnya dicapai pada usia 40-an.

Baca Juga: Mengenal Sosok Mario Aji, Pembalap Moto3 Asal Indonesia yang Siap Mengaspal di MotoGP Mandalika 2022

"Ngapain sih cepat kaya, baru umur 20-an tahun ngapain mikirkan financial freedom. Financial freedom itu ilmu yang perlu dicamkan untuk dicapai di usia 40-an tahun," katanya.

Dia menyatakan, pada usia produktif, 20 tahunan, orang masih memiliki semangat dan kondisi fisik yang layak untuk bekerja keras, dan menikmati hidup.

Alih-alih sibuk mendambakan kekayaan duniawi, pemuda seharusnya fokus membangun keterampilan baru, kebaikan, pengetahuan. 

Baca Juga: Jadwal dan Klasemen BRI Liga 1 Hari Ini, Jelang Laga Persebaya vs Persib Bandung

“Nanti kalau sudah 40 tahun nggak punya nafsu belajar lagi. Sudah capek," katanya.

Lebih lanjut, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) itu juga menyoroti fenomena passion yang saat ini banyak dijadikan alasan oleh anak muda dalam memilih pekerjaan.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x