Kemenperin Berkomitmen Bantu Industri Kecil Menengah, Beri Mesin dan Peralatan Produksi

- 24 Agustus 2020, 11:39 WIB
Menteri Perindustrian, Agung Gumiwang Kartasasmita (kedua kiri) saat penyerahan bantuan ke IKM di Bali secara simbolis.
Menteri Perindustrian, Agung Gumiwang Kartasasmita (kedua kiri) saat penyerahan bantuan ke IKM di Bali secara simbolis. /Kemenperin

PR BEKASI - Kementrian Perindustrian (Kemenperin) berusaha untuk terus membangkitkan semangat berusaha para pelaku industri kecil menengah (IKM) di seluruh Indonesia.

Hal ini merupakan salah satu usaha dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19.

Di sela kunjungan kerjanya di Bali, Menteri Perindustrian, Agung Gumiwang Kartasasmita menyerahkan secara simbolis bantuan mesin Computer Numerical Control (CNC) Magic-70 kepada Celuk Design Center Jewelry yang berlokasi di sentra IKM Perhiasan Perak Celuk, Kabupaten Gianyar, Bali.

Hal ini merupakan wujud nyata dengan harapan pemberian bantuan mesin dan peralatan produksi bagi pelaku IKM yang dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas produk yang dihasilkannya sehingga bisa lebih berdaya saing baik di pasar nasional maupun internasional.

Baca Juga: Kembali Raih Treble, Hansi Flick: Bayern Muenchen Beruntung Punya Kiper Terbaik Dunia Manuel Neur 

“Salah satu fokus kami saat ini adalah pengembangan sentra IKM, karena IKM merupakan sektor usaha yang dominan dalam populasinya di Indonesia. Hal ini yang menjadikan IKM sebagai motor penggerak perekonomian nasional,” papar Menperin sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Kemenperin.

Beberapa program pembinaan yang akan dijalankan dalam pengembangan sentra IKM di antaranya adalah pelaksanaan bimbingan teknis, pemberian bantuan mesin dan peralatan serta pembangunan material center.

“Manfaat program ini, antara lain meningkatkan atau memenuhi sarana dan prasarana yang diperlukan pelaku IKM saat ini serta mendongkrak kapasitas produksi,” katanya.

Berkaitan dengan pengembangan sentra IKM, Kemenperin juga akan memfasilitasi matchmaking antara produk dari petani dan nelayan agar terserap oleh IKM.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Kemenperin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x