Sektor Pertanian Terus Tumbuh di Tengah Pandemi, DPR: Pemerintah Harus Kuatkan Sektor Ini

- 9 September 2020, 21:22 WIB
Ilustrasi petani padi. */Net
Ilustrasi petani padi. */Net /

PR BEKASI - Di masa pandemi Covid-19 saat ini, hampir semua bidang perekonomian di Indonesia mengalami kemunduran.

Hal ini mengakibatkan sejumlah tenaga kerja harus dirumahkan sementara waktu, bahkan sebagian lainnya mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Di tengah semua kemunduran di berbagai bidang ekonomi tersebut, ternyata ada satu sektor yang mampu bertahan di tengah guncangan pandemi Covid-19 yaitu sektor pertanian.

"Saat ini sektor pertanian masih sangat tahan terhadap guncangan pandemi Covid-19," kata Anggota Komisi IV DPR RI Nevi Zuairina di Jakarta, Rabu, 9 September 2020, yang dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara.

Baca Juga: Edhy Prabowo Banjir Dukungan dan Doa Warganet Saat Rayakan Haornas 2020, Ada Apa?

Untuk itu, Nevi berharap agar pemerintah semakin memperkuat sektor pertanian sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional.

Nevi mengisyaratkan, bahwa ketika masyarakat masih mudah menemukan makanan selama itu pula stabilitas sosial dan politik tetap terjaga.

"Saya berharap program-program yang menyentuh langsung masyarakat dapat kita teruskan. Sinkronisasi pemerintah daerah dan pemerintah pusat akan semakin efektif dan efisien dalam ketepatan sasaran dan ketepatan waktu untuk mempercepat pemulihan wabah saat ini," ujar Nevi.

Menurut Nevi, program bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk kelompok tani ini hanya sebagian kecil yang bisa dilakukan karena masih banyak yang perlu dilakukan untuk memulihkan ekonomi rakyat kecil di tengah pandemi.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x