Deteksi Dini Covid-19 Terhadap Orang Lain, Monica Nirmala Sebut 3T Sama Pentingnya dengan 3M

- 12 November 2020, 18:44 WIB
Pemeriksaan dengan metode swab test yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar.
Pemeriksaan dengan metode swab test yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar. /Pemprov Jawa Barat/

PR BEKASI - Deteksi dini Covid-19 jika dilakukan maka akan dapat mencegah penularan virus tersebut kepada orang lain.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Penasihat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi untuk peningkatan "testing" dan "tracing" Monica Nirmala.

"Dengan kita tahu lebih awal dengan deteksi dini ini maka kita jadi bisa juga menghindari atau mencegah penularan atau kita menularkan ke orang lain," kata Monica Normala, seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara pada Kamis, 12 November 2020.

Baca Juga: Wanita yang Ditinggal Suami dan Tidak Menikah Lagi Kelak akan Dapatkan Ini dari Allah SWT

Hal tersebut diungkapkan Monica dalam diskusi virtual Optimisme Masyarakat Terhadap 3T (Tracing, Testing, Treatment) di Jakarta, hari ini.

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa deteksi dini penting untuk mendorong si penderita mendapat perawatan yang lebih cepat. Sehingga, mencegah risiko yang lebih berat.

"Testing itu sendiri berbicara tentang deteksi dini dari Covid-19. Jadi kenapa deteksi dini itu penting karena dengan kita tahu lebih awal bahwa kita ada Covid-19 maka kita bisa ditangani secara lebih cepat juga jadi tidak menunggu parah baru berobat," katanya.

Baca Juga: Dianggap Tidak Netral Nyanyikan 'Sambutan' untuk Habib Rizieq, Serka BDS Ditahan di Polisi Militer

Monica juga mengatakan 3T, yakni "tracing", "testing", dan "treatment" atau pelacakan kontak erat, deteksi, dan pengobatan sama pentingnya dengan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir).

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah