Cara Membedakan Habib Asli dan Habib Palsu Menurut Kiai Usamah Zahid

- 11 Juni 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi. Cara membedakan Habib asli dan palsu menurut Kiai Usamah Zahid.*
Ilustrasi. Cara membedakan Habib asli dan palsu menurut Kiai Usamah Zahid.* /Reuters

PR BEKASI - Masyarakat Indonesia pasti tak asing dengan seseorang keturunan Rasulullah SAW atau biasa yang disebut Habib.

Jumlah Habib yang terbilang banyak sering kali membuat beberapa oknum yang sebenarnya tak memiliki keturunan Rasulullah SAW, menyebut dirinya sendiri sebagai Habib.

Lantas bagaimana caranya membedakan antara Habib asli dan palsu?

Baca Juga: Band Black Metal Anti Islam Menjamur di Timur Tengah, Terancam Dapat Hukuman Berat Bila Ketahuan

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs NU, Direktur Aswaja NU Center Kabupaten Bekasi, Kiai Usamah Zahid membagikan cara yang bisa digunakan untuk memastikan seseorang benar-benar bergelar habib.  

Menurutnya langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengecek status Habib itu palsu atau tidak dengan datang Rabithah Alawiyah yaitu organisasi yang menghimpun WNI yang memiliki keturunan langsung dengan Rasulullah SAW.

“Cara paling tepat atau valid untuk cek kebenaran Habib asli atau palsu adalah dengan mendatangi Rabithah Alawiyah yaitu organisasi yang menghimpun WNI yang memiliki keturunan langsung dengan Rasulullah SAW,” ujar Wakil Ketua PCNU Kabupaten Bekasi itu.

Baca Juga: Benarkah dari Sekian Banyak Golongan dalam Islam, Hanya 1 Golongan yang Masuk Surga?

Sementara itu Kiai Usamah menceritakan, belum lama ini di Cibitung, Kabupaten Bekasi, ada seseorang yang mengaku dirinya Habib, namun ketika dicek oleh para Habib ternyata mereka tidak ada yang mengenalinya.

Halaman:

Editor: Elfrida Chania S

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X