Cek Fakta: Din Syamsuddin Dikabarkan Berpidato Soal Pelanggaran HAM di Indonesia di Majelis PBB

- 19 Desember 2020, 06:19 WIB
Tangkap layar - Hoaks dari akun Facebook Rahma Nur yang mengklaim pidato Din Syamsuddin yang menyampaikan pelanggaran HAM Indonesia di Majelis PBB.
Tangkap layar - Hoaks dari akun Facebook Rahma Nur yang mengklaim pidato Din Syamsuddin yang menyampaikan pelanggaran HAM Indonesia di Majelis PBB. /Facebook Rahma Nur

PR BEKASI – Beredar narasi di media sosial yang mengklaim bahwa salah satu inisiator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Din Syamsuddin menyampaikan pidato di PBB.

Pidato yang disampaikan Din Syamsuddin dikabarkan mengenai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang ada di Indonesia di depan Majelis Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan fakta, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Turn Back Hoax, pada Sabtu, 19 Desember 2020, klaim bahwa Din Syamsuddin menyampaikan pidato mengenai pelanggaran HAM yang ada di Indonesia di depan Majelis PBB adalah salah atau hoaks.

Baca Juga: Viral Puluhan Kambing di Kuningan Tewas Secara Misterius, Diduga karena Gigitan Anjing

Informasi tersebut beredar di salah satu akun pemilik Facebook Rahma Nur yang mengunggah tangkapan layar video Din Syamsuddin yang diunggah pada Kamis, 17 Desember 2020.

Adapun narasi yang dituliskan akun tersebut adalah sebagai berikut:

“Alhamdulillah..Masalah2 Pelanggaran HAM di Indonesia Telah Dibawa Ke Majelis PBB Oleh prof.dr.din Syamsuddin hingga dunia Tau, Bahwa Kepolisian telah Banyak Melanggar HAM. Mari Kita Kawal dan berbagi Ke Teman-teman Muslim Kita.”

Dalam unggahan tangkapan layar video itu terdapat tulisan yang berjudul:

“Heboh di Medsos, Video Pidato Tokoh KAMI Dien Syamsuddin di Markas Besar PBB #diensyamsuddin #PBB.”  

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah