Cek Fakta: Pondok Pesantren Alquran Dikabarkan Habis Terbakar, 28 Santri dan Guru Tewas Terpanggang

- 16 September 2020, 10:38 WIB
Gabungan foto peristiwa kebakaran yang menjadi misleading content yang disebut bahwa pondok pesantren Alquran terbakar. /Turn Back Hoax

PR BEKASI - Beredar kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa terdapat pondok pesantren Alquran yang terbakar dan menyebabkan 28 santri dan gurunya meninggal dunia.

Informasi ini disebarkan oleh salah satu pemilik akun Facebook Siti Nurbaya pada Minggu, 13 September 2020.

Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan fakta yang dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Turn Back Hoax, Rabu, 16 September 2020, klaim bahwa terdapat pondok pesantren Alquran yang terbakar dan menyebabkan 28 santri dan gurunya meninggal dunia adalah klaim yang salah atau hoaks.

Baca Juga: Pencarian Korban Kapal Motor di Buton Selatan Dilanjutkan, Wilayah Akan Diperluas

Siti Nurbaya menuliskan, “Breaking News: Pesantren Alquran Terbakar 28 Santri dan Guru Meninggal Dunia, Semoga Yang Gugur Dalam Pesantren Tersebut Husnul Khotimah.”

Setelah dilakukan penelusuran terkait dengan artikel yang diterbitkan oleh ikhtisar.net, diketahui bahwa informasi yang terdapat di dalamnya merupakan gabungan dari dua peristiwa berbeda, yang terjadi bukan dalam waktu dekat ini. 

Sementara penggunaan istilah “Breaking News” atau berita sela yang berarti terkini pada judul, menunjukkan atau dapat menggiring opini pembaca bahwa  “Pesantren Alquran Terbakar 28 Santri Dan Guru Meninggal Dunia” adalah peristiwa yang baru saja terjadi.

Melalui mesin pencari google, diketahui bahwa isi pemberitaan pada artikel merupakan dua peristiwa kebakaran yang terjadi di tahun 2017 dan 2019. 

Baca Juga: Disalahkan Karena Pertamina Rugi Triliunan Rupiah, Ahok: Gila, Gaji Direksi Gede Semua

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X