Dorong BSI Fokuskan Dananya untuk UMKM, Muhammadiyah: demi Terwujudnya Keadilan Sosial

- 25 Desember 2020, 17:32 WIB
Muhammadiyah mendorong agar program perbankan Bank Syariah Indonesia yang baru berdiri bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta umat Islam.
Muhammadiyah mendorong agar program perbankan Bank Syariah Indonesia yang baru berdiri bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta umat Islam. /ANTARA/HO-Muhammadiyah/ANTARA

PR BEKASI - Pengurus Pusat Muhammadiyah berharap ada bank di Indonesia yang fokus dalam mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar bisa menolong kaum duafa dan kelompok yang  termarginalkan.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agung Danarto, mendorong agar Bank Syariah Indonesia (BSI) yang baru diresmikan agar pendanaannya bisa berpihak pada usaha mikro, kecil,  dan menengah.

Agung Danarto mengatakan, sebagai bank syariah sangatlah tepat untuk memfokuskan UMKM agar bisa mendorong pemerataan kesejahteraan umat Islam di negeri ini.

Baca Juga: Ditetapkan Tersangka di Dua Tempat, Bareskrim Polri Ambil Alih Penanganan Kasus

"BSI sesuai wataknya sebagai bank syariah sangat tepat apabila mendeklarasikan diri sebagai bank yang fokus kepada UMKM untuk percepatan perwujudan keadilan sosial ekonomi secara lebih progresif di negeri ini," kata Agung Danarto saat  membacakan pernyataan pers Muhammadiyah Nomor 31/PER/I.0/A/2020 secara daring.

Diketahui bahwa BSI merupakan hasil merger atau penggabungan usaha dari Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah.

Agung mengatakan fasilitas pendanaan BSI ke depan jangan hanya menguntungkan korporasi besar dan segelintir pihak saja yang berlabelkan syariah secara khusus.

Baca Juga: Kebakaran Melanda Area Masjid Atta'awun Bogor, Empat Orang Jadi Korban

Pentingnya menaruh perhatian, pemihakan, dan kebijakan imperatif pada program penguatan dan pemberdayaan ekonomi umat Islam yang sampai saat ini masih lemah secara ekonomi.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x