Airlangga Hartarto Siapkan 5 Strategi untuk ACRF, Bangun Peluang untuk 2025

- 3 Mei 2021, 22:27 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menlu Retno Marsudi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyampaikan beberapa pandangan kepada para pemimpin perwakilan negara-negara ASEAN pada saat menghadiri ASEAN Leaders' Meeting (ALM) di gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Sabtu, 24 April 2021.
Presiden Joko Widodo didampingi Menlu Retno Marsudi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyampaikan beberapa pandangan kepada para pemimpin perwakilan negara-negara ASEAN pada saat menghadiri ASEAN Leaders' Meeting (ALM) di gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Sabtu, 24 April 2021. /ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/ANTARA

PR BEKASI - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memaparkan lima strategi dari ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF) dalam rangka untuk memulihkan ekonomi.

ACRF menjadi wadah sekaligus untuk mewujudkan terintegrasinya ekonomi di pasar ASEAN.

"Ini merupakan tindak lanjut dari arahan pemimpin ASEAN pada KTT ke-36 ASEAN pada 26 Juni 2020 untuk melakukan pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19," ujar Airlangga Hartarto di Jakarta, dikutip PikiranRakyat-Bekasi.com dari Antara pada Senin, 3 Mei 2021.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Perintahkan Akan Tutup Paksa Hotel dan Wisata Jika Terjadi Kerumunan 

Ia lalu menyebutkan lima strategi tersebut yakni peningkatan sistem kesehatan, penguatan ketahanan manusia, memaksimalkan potensi pasar intra ASEAN, percepatan digitalisasi yang inklusif, dan maju menuju masa depan yang tangguh dan berkelanjutan.

Pada 2025 nanti, 10 negara ASEAN akan semakin terintegrasi dengan adanya Master Plan on ASEAN (MPAC).

Yang nantinya akan memfokuskan lima area seperti sustainable infrastructure, digital innovation, seamless logistics, regulatory excellence, dan people mobility.

Airlangga Hartarto mengatakan bahwa hal tersebut sangat penting untuk dilakukan mengingat ASEAN merupakan pasar terbesar ke-3 di Asia dan terbesar ke-5 di dunia.

Baca Juga: 5 Tips Sehat dan Tidak Mudah Loyo selama Berpuasa, Salah Satunya Batasi Konsumsi yang Manis 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x