Dorong Perekonomian Indonesia, Kemenkop UKM Sebut 12,5 Juta Pelaku UMKM Telah Masuk Ekosistem Digital 2021

- 3 Juni 2021, 14:26 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melalui Fiki Satari mengatakan bahwa ada 12.5 juta pelaku UMKM yang telah masuk ke ekosistem digital
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melalui Fiki Satari mengatakan bahwa ada 12.5 juta pelaku UMKM yang telah masuk ke ekosistem digital /ANTARA/TUYANI

 

PR BEKASI - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melalui Fiki Satari yang merupakan Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM mengatakan bahwa ada 12.5 juta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah masuk ke ekosistem digital pada 2021 ini.

Kemenkop UKM juga nantinya akan menargetkan sebanyak 30 juta pelaku UMKM yang akan masuk ekosistem digital pada 2024 mendatang.

Hal itu dilakukan agar dapat terus mendorong perekonomian Indonesia serta mendukung penuh usaha dari pelaku UMKM agar dapat masuk ke ranah internasional.

Fiki mengatakan bahwa untuk mencapai target pada 2024 mendatang, pihaknya akan terus mendorong pelaku UMKM agar dapat mencapai 17.5 juta UMKM.

Baca Juga: Demi Percepat UMKM Jabar Go Digital, Ridwan Kamil Gandeng Shopee Bangun Shopee Center

Ada empat hal penting yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM agar dapat masuk ekosistem digital diantaranya literasi digital, kapasitas produksi, kualitas produk, dan akses pasar.

"Yang pertama literasi digital itu sendiri. Data survei menunjukkan 75 persen permasalahan dalam keberlanjutan UMKM masuk e-commerce adalah kesiapan UMKM itu sendiri, terkait karakteristik dan budaya penjual, layanan purna jual, seperti pedagang sulit dikontak," ujar Fiki, dikutip PikiranRakyat-Bekasi.com dari Antara pada Kamis, 3 Juni 2021.

Pada 2020 lalu ada sebanyak 8 juta pelaku UMKM yang masuk ekosistem digital atau setara dengan 13 persen.

Halaman:

Editor: Rinrin Rindawati

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x