Banggar DPR Minta Pemerintah Rancang Skenario Terburuk jika Pandemi Covid-19 Berlangsung Lama

- 12 Juli 2021, 11:09 WIB
Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah mengkhawatirkan pandemi Covid-19 jika berlangsung lama bisa berimbas pada APBN.
Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah mengkhawatirkan pandemi Covid-19 jika berlangsung lama bisa berimbas pada APBN. /REUTERS/Beawiharta

PR BEKASI - Pandemi Covid-19 di Indonesia terus menjadi sorotan terlebih sejak Juni 2021 peningkatan kasus positif terus meningkat.

Melihat situasi saat ini, dampak Covid-19 diprakirakan bisa berimbas pada kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Unggah Meme 'Diciduk Nangis' Balas Tudingan Persis Solo Gunakan APBN, Warganet Sebut Norak

Menurutnya, jika kondisi ini terus berlangsung ditambah kasus kenaikan Covid-19 yang cukup signifikan dampaknya terasa terhadap sektor kehidupan pokok masyarakat.

"Akan berdampak luas terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan kesehatan rakyat. Bila keadaan ini berlangsung lama, maka akan berkonsekuensi mendalam terhadap APBN kita," katanya, sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Bekasi.com dari Antara pada Senin, 12 Juli 2021.

Dia pun meminta agar pemerintah lebih sigap dengan menyusun skenario terburuk bila kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak cukup efektif menekan angka kasus Covid-19 harian.

Baca Juga: Utang Negara Makin Bengkak, Legislator: APBN Rp250 Triliun Hanya untuk Bayar Bunga

Kendati demikian, Said pun mengakui skenario terburuk tersebut akan membutuhkan dukungan anggaran sangat besar sehingga berkonsekuensi pada perubahan arah kebijakan dan sasaran dari postur APBN 2021 dan Rencana APBN 2022.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x