Bantu Defisit Fiskal, Pemerintah Siap Naikkan Tarif Cukai Rokok pada 2021

- 31 Agustus 2020, 07:43 WIB
Pemerintah memastikan target penerimaan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok pada tahun 2021 menjadi Rp 172,75 triliun.
Pemerintah memastikan target penerimaan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok pada tahun 2021 menjadi Rp 172,75 triliun. /

PR BEKASI - Pemerintah memastikan target penerimaan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok pada tahun 2021 menjadi Rp 172,75 triliun.

Jumlah tersebut naik 4,7 persen dari target tahun ini sebesar Rp 164,9 triliun. Kenaikan tarif ini akan diumumkan pada akhir bulan September 2020.

Analis Kebijakan Ahli Madya Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Wawan Juswanto mengatakan, tidak seperti kenaikan perpajakan lainnya yang mengalami penurunan, cukai mengalami kenaikan sebesar 3,7 persen, khususnya pada penerimaan cukai hasil tembakau.

Baca Juga: Lakukan Riset Berlandaskan Pancasila, 3 Peneliti LIPI Dapat Penghargaan Prestasi Ikon Pancasila 2020

"CHT memang menjadi salah satu sumber utama dalam penerimaan cukai, sehingga rencana langkah yang diambil untuk meningkatkannya adalah dengan kenaikan tarif cukai, dan memperluas objek kena cukai," kata Wawan, Minggu, 30 Agustus 2020, seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara.

Kenaikan target tarif cukai rokok ini, nantinya untuk menambal defisit APBN yang meningkat untuk membiayai penanganan pandemi Covid-19.

Wawan juga mengatakan, kenaikan cukai rokok mempertimbangkan tiga hal, yaitu UU Cukai, optimalisasi kebijakan, dan kebijakan industri. Sehingga kerjasama antar pemangku kepentingan harus dilakukan dalam mengambil kebijakan.

Baca Juga: Unggul dari Muller dan Kimmich, Robert Lewandowski Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Jerman 2020

Selain itu meningkatnya target penerimaan CHT pada 2021 juga mempertimbangkan upaya pengendalian konsumsi rokok, yang mengacu pada RPJMN 2020-2024.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x