Bangkitkan Industri Kriya, Kemenparekraf Buka Kelas untuk Kenalkan Pemasaran Digital Saat Pandemi

- 23 September 2020, 21:31 WIB
Pebisnis Kriya yang akan didukung oleh Kemenparekraf.
Pebisnis Kriya yang akan didukung oleh Kemenparekraf. /Kemenparekraf

PR BEKASI - Salah satu sektor dalam dunia usaha yang terdampak pandemi Covid 19 adalah UMKM, hal ini berdasarkan catatan dari Kementerian Keuangan per-April 2020.

Catatan tersebut yang pendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membekali para pelaku ekonomi kreatif, khususnya UMKM di sektor kriya.

Kemenparekraf akan memberikan pelatihan berupa pemasaran digital melalui program Master Class "Peningkatan Kompetensi Pelaku Ekonomi Kreatif dalam Pemasaran Digital", yang dikutip oleh Pikiranrakyat-Bekasi.com dari ANTARA.

Baca Juga: Pilkada Serentak 2020 Tetap Digelar, Beberapa Daerah Belum Susun Aturan Protokol Covid-19 

Deputi Bidang Ekonomi Digital & Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam, Selasa 22 September 2020 mengatakan, pelatihan ini menjadi penting bagi UMKM berdasarkan catatan Kementerian Keuangan.

“UMKM memiliki kontribusi sebesar 60,3 persen dari total PDB Indonesia. Selain itu, UMKM menyerap 97 persen dari total tenaga kerja dan 99 persen dari total lapangan kerja,” katanya.

Pelatihan yang akan dilakukan secara berkelanjutan mulai 28 September-2 Oktober 2020 ini tidak hanya sebagai upaya memperkuat kapasitas tetapi juga kompetensi para pelaku usaha kreatif untuk keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19. Selain itu, untuk mampu menembus pasar ekspor secara efisien.

Untuk saat ini, pelatihan berkelanjutan tersebut ditujukan khusus untuk pemilik usaha di subsektor kriya dengan target 100 pebisnis yang akan menerima pelatihan komprehensif tentang pemasaran digital secara eksklusif.

Baca Juga: Buat Resah Warga Kendari, Polisi Tangkap 2 Pengedar Sabu dengan Modus 'Home Industry' 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x