Lebih Sadar dengan Data, Kominfo Kembangkan Ekonomi Digital dengan Teknologi Komputasi Awan

- 4 November 2020, 20:08 WIB
Ilustrasi Cloud Storage untuk perkembangan ekonomi digital.
Ilustrasi Cloud Storage untuk perkembangan ekonomi digital. /Pixabay.com/Tumisu/

PR BEKASI - Perkembangan teknologi yang semakin pesat dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Hal demikian dilakukan juga oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang mendorong pemanfaatan teknologi komputasi awan atau cloud computing guna mendukung visi pemerintah "Go Digital 2020".

"Instansi pemerintah, pelaku bisnis, UKM dan pemangku kepentingan lainnya untuk dapat memanfaatkan teknologi komputasi awan guna mendorong efisiensi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dikutip oleh Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara pada Rabu, 4 November 2020.

Pernyataan tersebut disampaikan Samuel dalam peresmian data center SpaceDC, JAK2 yang digelar secara virtual.

Baca Juga: Tak Ada yang Bantu Lobi Arab Saudi, Habib Rizieq: Saya Tak Ingin Repotkan Pemerintah Indonesia 

Semuel juga mengatakan bahwa pandemi COVID-19 telah memengaruhi kehidupan dan juga mendorong untuk mempercepat laju transformasi digital.

Selain itu, menurutnya, proses transformasi digital yang semakin cepat, juga meningkatkan permintaan akan layanan jarak jauh dan teknologi baru, dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan pasar data center di Indonesia.

"Sehubungan dengan itu kami berharap fasilitas data center dapat mendukung kebutuhan akan percepatan agenda transformasi digital dan membuka peluang ini bagi perusahaan dan UKM di Indonesia," kata Semuel.

"Kami semua menyambut baik kemitraan yang menguntungkan, antara publik, sektor swasta, dan kami berkomitmen untuk membuat itu terjadi," kata Samuel menambahkan.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x