Soroti Royalti Hak Cipta Lagu, Kunto Aji Izinkan Pengamen Bawakan Lagunya Gratis

- 7 April 2021, 17:05 WIB
Kunto Aji izinkan pengamen, warkop, dan kafe kecil untuk gunakan karyanya. / Instagram/@kuntoajiw/

PR BEKASI - Ditekennya PP Nomor 56 Tahun 2021 yang mengatur royalti musik bagi pihak yang menggunakan hak cipta secara komersial menjadi polemik tersendiri di kalangan masyarakat, terutama mereka para musisi Indonesia.

Karena, dalam beberapa utas yang disampaikan oleh mereka yang memahami pengaturan PP tersebut dikatakan bahwa para pengamen, toko-toko kecil, warung, atau transportasi umum diharuskan membayar royalti selama memutar lagu yang memiliki hak cipta.

Namun, beberapa musisi juga menyampaikan kesediaan mereka apabila karya-karya mereka dikumandangkan oleh para pengamen atau diputar di warung kopi hingga pos ronda.

Baca Juga: Moeldoko Ramalkan Indonesia Mampu jadi Negara Maju pada 2045

Salah satu musisi Indonesia tersebut adalah Kunto Aji Wibisono, dalam media sosialnya dia menegaskan masalah royalti ini terutama menyasar para pengusaha yang memiliki bisnis menengah ke atas.

Karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk menyimpan rasa khawatir mereka.

"Yang jelas masalah royalti ini terutama menyasar untuk pengusaha menengah keatas. Simpan kekhawatiranmu," kata Kunto Aji, sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Bekasi.com dari akun Twitter @KuntoAjiW pada Rabu, 7 April 2021.

Baca Juga: Moeldoko Ikut Bantu Bencana Alam NTT dan NTB, Ruhut Sitompul: Bangga Lihat Peran Ketum Demokrat Hasil KLB

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X