200.000 Anak Jadi Korban Pelecehan Seksual Pendeta di Gereja, Paus Fransiskus: Saya Malu dan Sedih

- 7 Oktober 2021, 19:32 WIB
Paus Fransiskus mengaku malu dan sedih dengan adanya kasus pelecehan terhadap 200.000 anak di Gereja.
Paus Fransiskus mengaku malu dan sedih dengan adanya kasus pelecehan terhadap 200.000 anak di Gereja. /Instagram.com/@franciscus

PR BEKASI - Paus Fransiskus mengaku sedih dan malu atas ketidakmampuan Gereja Katolik untuk menangani pelecehan seksual terhadap anak-anak di Prancis.

Paus juga menegaskan bahwa Gereja harus menjadikan dirinya "rumah yang aman bagi semua orang".

"Saya ingin mengungkapkan kepada para korban kesedihan saya, kesedihan atas trauma yang mereka derita dan juga rasa malu saya, rasa malu kami, atas ketidakmampuan gereja, terlalu lama, untuk menempatkan mereka di pusat perhatiannya," kata Paus Fransiskus di audiens umum mingguannya, Rabu, 6 Oktober 2021 dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Today Online, Kamis, 7 Oktober 2021.

Baca Juga: Paus Fransiskus Kirim 15.000 Es Krim untuk Tahanan di Italia Seiring Hadapi Musim Panas

Berbicara sehari setelah penyelidikan besar mengungkapkan bahwa pastor Prancis telah melecehkan lebih dari 200.000 anak selama 70 tahun, Paus mengundang umat Katolik di Prancis untuk bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi untuk menjadikan Gereja
rumah yang aman bagi semua orang'.

"Ini adalah saat yang memalukan," katanya, meminta para uskup untuk melakukan segala upaya memastikan bahwa "tragedi serupa tidak terjadi lagi".

Jean-Marc Sauve, kepala komisi yang menyusun laporan tersebut, mengatakan Gereja telah menunjukkan ketidakpedulian terhadap pelanggaran selama bertahun-tahun, lebih memilih untuk melindungi dirinya sendiri daripada para korban. Banyak dari korban berusia antara 10 dan 13 tahun.

Baca Juga: Paus Fransiskus Doakan Pengungsi Afghanistan, Umat Katolik Diminta Berpuasa Sebagai Bentuk Solidaritas

Puncak pelecehan adalah pada 1950-1970, kata komisi itu dalam laporannya. Kasus kembali muncul di awal 1990-an.

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: Today Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x