Greenpeace: Masyarakat Berharap Industri Ikut Bertanggung Jawab Kurangi Penggunaan Plastik

- 25 Februari 2021, 19:57 WIB
Tumpukan sampah yang berserak di pesisir Pantai Kuta, Badung, Bali. /Nyoman Hendra Wibowo/ANTARA

PR BEKASI – Sebagian besar masyarakat Indonesia mengharapkan industri ikut bertanggung jawab untuk pengurangan plastik dengan berinovasi memberikan alternatif yang lebih ramah bagi lingkungan.

Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh komunitas pemerhati lingkungan, Greenpeace Indonesia yang mengambil sampel di tiga kota besar di Indonesia.

Banyak masyarakat yang menilai bahwa produsen atau perusahaan punya kontribusi paling vital, dan ini diungkapkan atas dasar hambatan yang mereka alami selama ini.

Menurut peneliti Greenpeace Indonesia Afifah Rahmi Andini dalam diskusi virtual, dipantau dari Jakarta, Kamis, 25 Februari 2021, banya masyarakat yang tidak punya pilihan lain untuk menggunakan plastik.

Baca Juga: Ingin Lihat Rocky Gerung Debat dengan Jokowi, Iwan Fals: Mungkin Jadi Hiburan Sehat Masa Pandemi

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Sebut Kualitas Presiden Jokowi Sudah Relevan di Masanya

"Sebagian besar merasa 'terpaksa' memilih plastik sekali pakai karena hanya membeli apa yang disediakan oleh produsen," katanya, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara.

Survei perilaku masyarakat terhadap sampah plastik itu dilakukan terhadap 623 orang yang berasal dari Jakarta, Medan dan Makassar.

Greenpeace Indonesia menggunakan metode survei online dan wawancara via telepon dalam periode 30 Oktober sampai 8 November 2020.

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X