Selamat Hari Guru Nasional, Nadiem Makarim Akan Buka Seleksi Guru PPPK Berdasarkan Kebutuhan

- 25 November 2020, 06:37 WIB
Arsip Foto. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berdialog dengan kepala sekolah dan guru saat melakukan kunjungan kerja di SMK Negeri 8 Palu di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu 4 November 2020. /ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/ANTARA FOTO

PR BEKASI - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, seleksi guru PPPK 2021 dilakukan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan.

Seleksi guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dilakukan berdasarkan kebutuhan. Untuk itu, seleksi guru PPPK 2021 diharapkan tepat sasaran. 

Kemendikbud melakukan perhitungan berdasarkan Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Diketahui, kebutuhan guru, di luar guru yang berstatus PNS yang saat ini mengajar, mencapai satu juta guru.

Baca Juga: Jalan Inspeksi Kalimalanv Belum Optimal Digunakan Dua Lajur, Dishub Akan Pasang Rambu Lalu Lintas

Berdasarkan data pemerintah, jumlah guru aparatur sipil negara (ASN) di sekolah-sekolah negeri, baru meliputi 60 persen dari kebutuhan.

Jumlah guru ASN di sekolah negeri rata-rata berkurang enam persen setiap tahun dalam empat tahun terakhir.

Sedangkan perekrutan untuk menambah jumlah guru ASN hanya menutup sekitar dua persen dari kebutuhan setiap tahun, hal ini menyebabkan pelayanan bagi peserta didik kurang maksimal.

Nadiem Makarim mengatakan, pemerintah membuka seleksi calon guru PPPK untuk memenuhi kebutuhan guru sekaligus memberikan kesempatan kepada guru-guru honorer yang kompeten untuk mendapatkan penghasilan layak.

Baca Juga: Serdy Ephy Fano Kembali Dicoret dari Timnas U-19 karena Indisipliner, Ketum PSSI: Jangan Main-main

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X