Optimistis Masa Depan Pelabuhan Patimban-Tanjung Priok, Menhub: Bisa Kalahkan Shanghai dan Singapura

- 8 Januari 2021, 14:04 WIB
Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat yang diklaim akan lebih maju dari Shanghai.
Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat yang diklaim akan lebih maju dari Shanghai. /Dokumentasi litbang dephub/Kementerian Perhubungan

PR BEKASI – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku sangat optimis bahwa Pelabuhan Patimban apabila disinergikan dengan baik bersama Pelabuhan Tanjung Priok akan bisa mengalahkan Pelabuhan Shanghai dan juga Singapura.

“Saya yakin bahwa apabila itu terjadi dan kita mensinergikannya dengan Pelabuhan Tanjung Priok, maka kita mengalahkan mungkin menyamai Shanghai dan Singapura,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam Public Expose Pelabuhan Patimban: Wajah Modern Pelabuhan di Indonesia secara virtual di Jakarta, Kamis, 7 Januari 2021.

Lebih lanjut, menurut Menhub, nantinya kolaborasi Pelabuhan Patimban dan Pelabuhan Tanjung Priok ini, sebagai satu niat bangsa sebagai pelabuhan yang membanggakan tapi memberikan nilai fungsi ekonomis yang baik.

Baca Juga: Dr. Tirta Sarankan Tak Perlu Ada Surat Swab PCR untuk Syarat Perjalanan: Akan Jadi Celah Bisnis 

“Dengan kata lain Pelabuhan Patimban sebagai ‘World Connecting Port’,” ujar Menhub , seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs berita Antara.

Budi Karya Sumadi pun menyebut bahwa Pelabuhan Patimban ini akan melengkapi Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati yang sudah lebih dahulu beroperasi.

Dengan adanya Pelabuhan Patimban itu, bisa menjadi stimulus tumbuhnya arus barang dan jasa atau logistik dari dan ke aglomerasi Pelabuhan Cirebon, Kawasan Industri Karawang, Sumedang, Majalengka hingga jalan tol yang mempertemukan Jakarta.

“Melalui jaringan jalan tol dan kawasan sekitar Patimban, mendorong tumbuhnya sektor ekonomi, industri, perdagangan, pergudangan, jasa keuangan, properti, dan perdagangan ritel. Ini akan menjadi ladang bisnis di kawasan Segitiga Emas,” katanya.

Baca Juga: Kongres AS Tetap Sahkan Kemenangan Joe Biden, Saat Donald Trump Masih Tak Terima Hasil Pilpres 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x