Bangga, UMKM Produsen Bulu Mata Palsu Asal Semarang Tembus Pasar Eropa

- 16 April 2021, 14:11 WIB
Ilustrasi UMKM asal Semarang, Jawa Tengah, produsen bulu mata palsu/BUSINESS INSIDER
Ilustrasi UMKM asal Semarang, Jawa Tengah, produsen bulu mata palsu/BUSINESS INSIDER /

PR BEKASI - Produsen bulu mata palsu dan rambut palsu asal Semarang, Jawa Tengah, telah memulai produksi untuk memenuhi pesanan dari Bulgaria awal pekan ini.

Produsen tersebut bernama Permata Bangun Mandiri (PBM). Dan ini menandai pertama kalinya UMKM tersebut menembus pasar Eropa Timur dan Tenggara.

Sebelumnya telah mengekspor produknya ke Amerika Serikat, Inggris, Ceko, dan Nigeria.

Baca Juga: Resep Lengkap Tempe Katsu, Hidangan Murah tapi Mewah Cocok untuk Santapan Berbuka dan Sahur

Hal tersebut dikatakan Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta pada pertemuan virtual dengan UMKM Indonesia, yang disampaikan melalui keterangan tertulis KBRI Sofia, Jumat, 16 April 2021.

"Awal Ramadhan dan pandemi global tidak menyurutkan derap langkah KBRI untuk terus bekerja sama dengan UMKM menembus pasar luar negeri," kata Iwan Bogananta, sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Bekasi.com dari Antara Jumat 16 April 2021.

Sebagaimana diketahui, Indonesia telah menjadi penyuplai produk bulu mata palsu atau false eyelashes dunia sejak 20 tahun terakhir.

Baca Juga: Apakah Menangis Dapat Membatalkan Puasa? Simak Faktanya

Dikenal sebagai "The World’s Best Producer of False Eyelashes", produk bulu mata palsu dari Indonesia dinilai lebih superior daripada pesaingnya.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x