Dolar AS Melonjak Usai Trump Tetapkan Virus Corona sebagai Darurat Nasional

- 16 Maret 2020, 09:07 WIB
NILAI dolar merangkak naik di tengah ekonomi buruk Amerika Serikat.*
NILAI dolar merangkak naik di tengah ekonomi buruk Amerika Serikat.* /ANTARA/

PIKIRAN RAKYAT - Dolar Amerika Serikat (AS) melonjak pada akhir perdagangan Sabtu pagi lalu waktu Indonesia dan menekan mata uang di sejumlah negara.

Hal itu membukukan kenaikan tajam terhadap safe-haven yen Jepang karena pasar saham pulih secara global.

Para investor juga mendukung upaya pemerintah dan pembuat kebijakan dalam mengatasi dampak ekonomi dari wabah virus corona atau COVID-19.

Sejak April 2013, dolar mencatat kenaikan persentase harian terbesar terhadap yen.

Baca Juga: SIM Keliling Bekasi Hari Ini, Senin 16 Maret 2020 Tetap Diadakan Meski Ada Imbauan Tak Berkerumun 

Sementara, setelah Presiden Donald Trump mengumumkan darurat nasional AS atas virus corona yang menyebar dengan cepat pada Jumat 13 Maret 2020, mata uang AS juga diuntungkan.

Status darurat nasional virus corona yang diumumkan oleh Trump juga membuka pintu bagi lebih banyak bantuan federal untuk memerangi penyakit tersebut.

Pada Kamis 12 Maret 2020, Greenback juga memperpanjang kenaikan terhadap beberapa mata uang setelah terjadi ledakan dalam swap spread (perbedaan antara nilai tukar dan imbal hasil obligasi pemerintah yang sesuai dengan jangka waktu yang sama. red), mengisyaratkan bahwa investor menginginkan dolar.

Tetapi para pelaku pasar mengatakan tanda-tanda tekanan pendanaan dolar masih bertahan dan para pembuat kebijakan mungkin perlu berbuat lebih banyak.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x