Tembus Pasar Ekspor Jepang yang Ketat, Mentan: Ini Prestasi, Kita Tingkatkan 10 Kali Lipat

- 7 September 2020, 15:02 WIB
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo memberikan sambutan acara ekspor perdana produk olahan peternakan milik PT Malindo Food Delight yang berlokasi di kawasan Greenland International Industrial Blok AA Nomor 10, Kota Delta Mas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 1 September 2020.
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo memberikan sambutan acara ekspor perdana produk olahan peternakan milik PT Malindo Food Delight yang berlokasi di kawasan Greenland International Industrial Blok AA Nomor 10, Kota Delta Mas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 1 September 2020. /Pradita Kurniawan Syah/Antara

PR BEKASI – Banyak sektor yang mengalami penurunan drastis akibat pandemi COVID-19. Salah satu sektor tersebut adalah pariwisata karena di awal pandemi terdapat pelarangan untuk berwisata.

Berbanding terbalik dengan sektor pertanian, yang di dalamnya juga termasuk bidang peternakan, yang justru mengalami peningkatan di masa pandemi.

Salah satu faktornya adalah dengan berubahnya kebiasaan masyarakat dalam membelanjakan uang mereka dengan memprioritaskan masalah pangan dan kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Merasa Sering Dilupakan, Jokowi Minta Jajarannya Fokus dan Tidak Main-main Pada Tiga Klaster Ini

Ekspor pertanian juga terus menunjukkan hasil yang positif setelah pada Juli 2020 mengalami peningkatan sebesar 24.10 persen dibanding bulan sebelumnya.

Kinerja ekspor pertanian datang dari produk olahan peternakan (unggas) yakni sebanyak satu kontainer berisi 6 ton Varian Produk Olahan Peternakan milik PT. Malindo Food Delight pertama kali tembus ke Jepang.

“Ini tandanya kita mampu untuk tetap maju, tidak menyerah melawan pandemi untuk kemajuan bangsa dan rakyat, saya siap dan saya pastikan Kementerian Pertanian akan terus mendukung langkah ini, jangan dilihat dari besar kecilnya, tidak ada yang besar tanpa melalui langkah kecil,” ucap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, yang dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs Kementerian Pertanian.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Penggemar Balap Motor, Kini Indonesia Resmi Masuk Kalender Seri MotoGP Tahun Depan

Pertanian Indonesia memiliki potensi yang besar dalam memenangkan pasar ekspor, bahkan produk olahan peternakan bisa menjadi komoditas ekspor unggulan.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Kementerian Pertanian RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x